Brilio.net - Sudah bukan rahasia lagi, kalau kebanyakan anak muda itu lebih sering menghabiskan waktunya dengan bersenang-senang. Nongkrong sana-sini biar dikira gaul. Kerjanya cuma menghambur-hamburkan uang orangtua doang.

Tapi jangan buru-buru disamaratakan dulu ya. Karena nggak semua anak muda yang cuma mikir senang-senang aja. Kamu harus tahu cerita inspiratif Hendi Avanda. Baru 20 tahun, sudah punya usaha sendiri lho. Bahkan omzet perbulannya bisa mencapai Rp 90 juta. Hebat ya?

Bisnis yang dijalani mahasiswa jurusan pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta ini adalah usaha camilan rumput laut. Bermula dari oleh-oleh yang dibawa temannya sepulang liburan dari Korea, membuat cowok yang biasa dipanggil Vanda ini, berpikir untuk berbisnis jenis camilan dari rumput laut itu.

Sejak itu, Vanda lalu mulai bereksperimen dengan berbagai macam rumput laut. Bahkan ia beberapa kali berkeliling Indonesia untuk mendapatkan jenis rumput laut yang tepat. Akhirnya, rumput laut jenis Porphyra yang dipilih Vanda sebagai bahan dasar camilannya.

"Saya akhirnya menemukan formulasi snack rumput laut yang pas dari Porphyra, karena teksturnya yang lebih tebal dari jenis rumput laut yang digunakan oleh jenis camilan rumput laut yang ada di pasaran," kata Vanda ketika berbincang dengan brilio.net, Jumat (6/3).

Namun menurut Vanda, bukan hal gampang untuk mendapatkan rumput laut jenis ini. Di Indonesia, rumput laut Porphyra hanya ditemukan di daerah Halmahera, Maluku, namun dengan kualitas yang belum cukup baik.

"Sehingga untuk menjalankan usaha ini, saya mengimpor rumput laut dari Korea," ujarnya.

Dalam sehari, Camilan rumput laut yang diberi nama Panda Food ini bisa diproduksi sebanyak 400-500 kemasan ukuran 20 gram dan memerlukan sekitar satu ton rumput laut untuk proses produksi selama satu bulan.

Dengan dibantu oleh 6 karyawan di kantor produksi yang terletak di Condongcatur, Sleman, Yogyakarta ini, Panda Food sekarang didistribusikan ke 30 toko yang ada di Jogja, dan juga di beberapa kota lainnya. Misalnya Solo, Magelang, Semarang, Malang, Lampung, Bandung dan juga Bangka.

Camilan ini sangat sehat dan mengandung banyak gizi karena tidak mengandung MSG. Panda Food memiliki 3 varian rasa, yaitu: original, barbeque, dan spicy. Dalam waktu dekat, Vanda juga berencana untuk mengeluarkan varian rasa baru yaitu rasa gudeg. Wah, hebat! Yang lain, jangan mau kalah dari Vanda ya!