Brilio.net - Narkoba jenis baru diungkap oleh Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Temuan narkoba baru tersebut muncul setelah jajaran Polda DIY melakukan penangkapan terhadap empat remaja pemakai narkoba jenis baru bernama 'Good Shit' itu. Empat remaja tersebut adalah RA (16), Al (18), Ks (18), dan Te (21).

Diresnarkoba Polda DIY Kombes Andi Fairan mengungkapkan jika penangkapan itu dilakukan pada 24 Agustus di sebuah rumah kos di daerah Krapyak, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

"Saat melakukan penangkapan dan penggeledahan, petugas menemukan barang bukti berupa bahan herbal berbentuk seperti ganja seberat 0,14 gram, botol dan korek gas," kata Andi kepada wartawan, Selasa (8/9).

Saat itu petugas menyangka barang tersebut adalah ganja karena secara bentuk dan penggunaannya sama. Tetapi ketika dilakukan tes urine, ternyata keempat tersangka malah menunjukkan hasil negatif.

Setelah dilakukan pengujian di laboratorium forensik Semarang, barang tersebut ternyata tak mengandung narkotika atau psikotropika. Meski begitu, daun yang disebut 'Good Shit' itu mengandung bacaline yang memberi efek antidepresan, tak ada efek kantuk, selalu happy dan nge-fly seperti yang ada pada ganja.

Karena belum masuk dalam daftar lampiran UU Narkotika, maka Polda DI Yogyakarta tak melakukan penahanan terhadap keempat pelaku. Tapi keempat pelaku yang mengaku mendapatkan barang itu secara online dengan harga Rp 200 ribu itu tetap dikenai wajib lapor ke Polda DIY.

Waduh, seram juga ya guys? Narkoba memang harus selalu dienyahkan dari anak-anak muda. Selain merusak kesehatan, barang haram ini bisa menghancurkan masa depan. Ayo berantas narkoba demi anak muda Indonesia yang hebat!