Brilio.net - Pandangan bahwa wanita tidak butuh pendidikan tinggi akan semakin terkikis. Tak beda dengan laki-laki, perempuan juga semestinya didorong untuk menggali ilmu setinggi-tingginya, terutama melalui jalur pendidikan formal. Hal ini dikuatkan oleh sebuah studi yang menyatakan bahwa keuntungan seorang wanita lebih besar ketimbang yang diperoleh laki-laki ketika memiliki gelar.

Dikutip dari hexjam, Senin (2/11), Harvard University and Cambridge University menyelidiki 260.000 orang di Inggris dan menemukan bahwa wanita Inggris yang bergelar bisa mendapatkan pemasukan tiga kali lebih banyak dibandingkan wanita tanpa gelar, 10 tahun setelah mereka lulus. Sebagai perbandingan, pria Inggris dengan gelar mendapatkan sekitar dua kali lipat dari orang-orang tanpa gelar.

Angka-angka yang diperoleh adalah sebagai berikut.

- Gaji pria dengan gelar 10 tahun setelah lulus: 10% berpenghasilan lebih dari Euro 55.000 per tahun, 5% berpenghasilan lebih dari Euro 73.000 dan 1% berpenghasilan lebih dari Euro 148.000.

- Gaji perempuan dengan gelar 10 tahun setelah lulus: 10% berpenghasilan lebih dari Euro 43.000 per tahun, 5% berpenghasilan lebih dari Euro 73.000 dan 1% berpenghasilan lebih dari Euro 89.000.

Emily Sawyer, juru bicara London Feminist Network, mengatakan, "Penelitian ini bagus dibanding penelitian lain yang telah dilakukan tentang perbedaan pengupahan berdasarkan gender."