Brilio.net - Kalian pasti pernah dengar nama Jenderal Sudirman. Dia adalah sosok pahlawan kemerdekaan yang kisahnya diangkat ke layar lebar. Di Indonesia, nggak cuma Jenderal Sudirman lho yang dikenal luas oleh publik. Masih ada Sudirman-Sudirman lain yang memiliki jiwa pejuang.

Kamu mau tahu siapa saja? Baru-baru ini yang sedang hangat dibicarakan adalah Sudirman Said, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Menteri ini baru saja cuap-cuap tentang politikus Senayan yang mencatut nama Presiden Joko Widodo untuk soal bisnis dengan Freeport.

Berikut rangkuman brilio.net soal peran Sudirman yang lain, Selasa (17/11):

1. Jenderal Sudirman

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Pemilik nama Sudirman ini ternyata pemberani & berprestasi, setuju?foto: 967hitz.fm

Jenderal Besar Sudirman adalah Panglima Tentara Nasional Indonesia pertama. Sepak terjangnya sebagai perwira sendiri dimulai ketika pada tahun 1944 bergabung dengan tentara Pembela Tanah Air (PETA).

Saat masa menunggu pengangkatan sebagai panglima TNI, ia menjadi pemimpin serangan terhadap pasukan Inggris dan Belanda di Ambarawa. Kecintaan dan kehormatan rakyat semakin besar padanya, pada 18 Desember 1945 ia resmi diangkat panglima TNI.

2. Dick Sudirman

Pemilik nama Sudirman ini ternyata pemberani & berprestasi, setuju?foto: fitrotulaini.blogspot.com

Kamu pasti pernah mendengar Piala Sudirman, salah satu kejuaraan bulu tangkis yang sering kamu tonton di televisi. Piala Sudirman diambil dari nama Dick Sudirman yang merupakan bapak Bulutangkis Indonesia.

Dick Sudirman adalah pendiri Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan menjabat ketua umum PBSI pada tahun 1952-1963 dan 1967-1981. Ia juga pernah menjabat sebagai wakil presiden IBF (International Badminton Federation yang kemudian menjadi Badminton World Federation) pada 1975.

3. Sudirman

Pemilik nama Sudirman ini ternyata pemberani & berprestasi, setuju?

foto: id.wikipedia.org

Kalau kamu penggemar sepak bola, kamu harusnya tahu tokoh ini. Sudirman adalah mantan kapten tim nasional sepak bola Indonesia tahun 1996. Dia pernah mengantarkan Indonesia menjadi juara SEA Games pada tahun 1991. Nggak salah kalau ia sempat terpilih menjadi salah satu pemain pilihan legenda Copa Indonesia 2007.

Saat membela Merah Putih, Sudirman juga turut menyumbang perunggu SEA Games 1993 Singapura. Pensiun sebagai pemain tak lantas membuat Sudirman tutup buku dengan sepakbola. Dia meneruskan kariernya dengan menjadi asisten Ivan Kolev untuk tim PSSI U-16 dan menjadi asisten pelatih Bambang Nurdiansyah untuk Timnas PSSI U-19 tahun 2007.

4. Sudirman Said

Pemilik nama Sudirman ini ternyata pemberani & berprestasi, setuju?foto: setkab.go.id

Sudirman Said adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada Kabinet Kerja yang menjabat sejak 27 Oktober 2014. Ia terkenal sebagai tokoh antikorupsi, pekerja rehabilitasi kawasan bencana, eksekutif di industri minyak dan gas, serta direktur utama perusahaan senjata nasional.

Namanya akhir-akhir ini banyak dibicarakan media setelah blak-blakan melaporkan pencatutan nama Presiden Joko Widodo yang diduga dilakukan ketua DPR, Setya Novanto. Dalam salah satu acara stasiun televisi dengan terbuka, ia menyebut nama-nama yang menurutnya terlibat dalam mafia migas dan pencatutan nama Jokowi terkait proyek Freeport.

(brl/fen)