Brilio.net - Saat berkunjung ke restoran favorit, selain ingin menikmati sajian yang istimewa tentu kamu juga ingin untuk mendapatkan pelayanan yang memuaskan, dong? Tapi pernah kepikiran nggak untuk memberikan persenan atau uang tip ketika kamu sudah mendapatkan pelayanan yang baik? Sebaiknya sih kamu memberikan tip, pasalnya pelayan di restoran sebenarnya ngarep sama tip dari kamu sebagai pelanggan lho.

Ya, meski di Indonesia belum jadi tradisi untuk memberikan uang tip. Tapi beda negara beda kebijakan. Saat kamu harus pergi ke luar negeri dan berkunjung ke sebuah restoran, setiap negara punya kebijakan yang berbeda soal pemberian uang tip. Nah, hal seperti inilah yang perlu kamu perhatikan biar nggak sakit hati karena mendapatkan perlakuan yang nggak menyenangkan. Nggak cuma kamu, pelayan restoran di negara yang kamu kunjungi tentu akan kesal juga karena kamu dianggap pelit dan tak menaati peraturan setempat.

Sebagai bukti kalau ada pelayan restoran yang sampai kesal karena masalah uang tip, Taylar Cordova bisa jadi contohnya. Wanita berusia 22 tahun ini adalah seorang pelayan di PF Chang China Bistro yang bergantung pada tips pelanggannya untuk upah per jamnya.

tip restoran © 2016 brilio.net

tip restoran © 2016 brilio.net

Lewat akun Facebook miliknya, Cordova menunjukkan bahwa ada salah satu pelanggan memiliki tagihan yang harus dibayar sebesar USD 187 (sekitar Rp 2 juta). Namun yang membuat Cordova kesal, pelanggan tersebut tak meninggalkan uang persenan atau tip 15% sampai 20% dari total keseluruhan jumlah tagihan. Padahal besarnya tip itu sudah menjadi semacam adat di negaranya tinggal.

Seperti dilansir brilio.net dari Lifebuzz, Selasa (5/4), Cordova menjelaskan bahwa dengan tip yang diberikan pelanggan dirinya bisa membeli makanan dan membelikan pakaian untuk putrinya. Apalagi restoran tempat ia bekerja mengumpulkan uang persenan dari setiap jam pelayan bekerja sebagai upah. Jadi, tip di sini tentu sangat berarti bagi keduanya. Tak salah jika Cordova sangat mengharap tip dari pelanggan. Kalau menurutmu gimana guys soal uang persenan atau tip di restoran?