Brilio.net - Tanggal 18 Mei setiap tahunnya di lebih dari 100 negara di seluruh penjuru dunia merayakan International Museum Day atau Hari Museum Internasional. Perayaan yang dikoordinir oleh International Council of Museum (Icom) ini membawakan berbagai tema yang berbeda tiap tahunnya.

Dicanangkannya 18 Mei sebagai Hari Museum Internasional dimulai pada tahun 1977. Hari Museum Internasional bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dunia akan pentingnya peranan museum dalam perkembangan masyarakat pada saat ini. Di museum, berbagai hal penting nan bersejarah biasanya disimpan.

Menurut Icom, museum adalah sebuah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat dan perkembangannya, terbuka untuk umum, memperoleh, merawat, menghubungkan dan memamerkan artefak-artefak perihal jati diri manusia dan lingkungannya untuk tujuan studi, pendidikan dan rekreasi.

Jadi, selain bisa belajar tentang sejarah, kita juga bisa berinteraksi dengan sesama ketika berada di museum, bahkan juga berekreasi agar pikiran menjadi segar kembali. Ayo ke museum!