Brilio.net - Nggak dimungkiri kalau soal wisata memang Jogja lebih populer dibandingkan dengan Solo, kota tetangganya. Padahal wisata di Solo juga nggak kalah menariknya lho! Buat kamu yang sudah sampai di Jogja, nggak ada salahnya mampir sebentar ke kota yang berjuluk 'Spirit of Java' ini. Wisata budaya dan kulinernya jangan sampai kamu lewatkan. Kali ini, Kamis (5/11), brilio.net bakal ngasih tahu kamu, destinasi mana saja yang wajib kamu kunjungi saat melancong ke Solo

1. Menyusuri Jalan Slamet Riyadi dengan berjalan kaki

Nggak melulu Jogja,  Solo juga bisa jadi alternatif liburanmufoto: Brilio.net/Fadila Adelin

Melemaskan kaki dengan berjalan kaki di sepanjang Jalan Slamet Riyadi bisa jadi mengasyikan. Kawasan citywalk ini memang ditujukan untuk para pejalan kaki. Pinggir jalannya yang rindang dengan banyak penjual kaki lima, bakal memanjakan perutmu jika kelaparan. Ingin lebih asyik lagi? kamu bisa berjalan menyusurinya saat hari minggu atau car free day.

2. Bangunan tua jangan sampai dilewatkan, Loji Gandrung salah satunya

Loading...

Nggak melulu Jogja,  Solo juga bisa jadi alternatif liburanmu

foto: Brilio.net/Fadila Adelin

Kamu bisa berjalan ke arah timur untuk mengunjungi Loji Gandrung, bangunan Belanda yang kini dimanfaatkan sebagai rumah dinas walikota. Kalau mau, kamu bisa meminta izin petugas untuk berfoto-foto di halaman depan loji ini. Asyik kan, bisa menambah koleksi fotomu di Instagram.

3. Sempatkan untuk mengintip Sriwedari, bekas taman rekreasi keluarga raja

Nggak melulu Jogja,  Solo juga bisa jadi alternatif liburanmufoto: Brilio.net/Fadila Adelin

Dulu taman ini memang menjadi taman rekreasi keluarga kerajaan.  Kini, kamu bisa menemukan berbagai wahana permainan dengan harga yang terjangkau, panggung hiburan serta kafetaria yang menyediakan aneka makanan.

4. Lanjut menyusuri Jalan Slamet Riyadi, kamu akan bertemu Museum Batik Danar Hadi

Nggak melulu Jogja,  Solo juga bisa jadi alternatif liburanmufoto: tantular.com

Museum Batik Danar Hadi juga bisa kamu temukan di Jalan Slamet Riyadi. Danar Hadi merupakan salah satu produsen batik ternama di Indonesia. Museumnya mengoleksi lebih dari 10 ribu helai batik dari seluruh Nusantara. Tak heran kalau museum ini dinobatkan MURI sebagai museum dengan koleksi batik terlengkap.

5. Selesai menyusuri Slamet Riyadi, kamu bisa menuju Keraton Surakarta Hadiningrat

Nggak melulu Jogja,  Solo juga bisa jadi alternatif liburanmufoto: Brilio.net/Fadila Adelin

Liburanmu ke Solo belum sah kalau belum mengunjungi Keraton Surakarta Hadiningrat. Dari sinilah cikal bakal kota Solo bermula. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mempelajari sejarah dan budayanya.

Di kawasan keraton ini kamu bisa menjamahi museum yang memiliki sejumlah koleksi benda-benda bersejarah, mulai dari kereta kencana sampai simpanan keris dan wayang. Kamu juga bisa mencari tahu bagaimana Kesultanan Mataram terpecah menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Surakarta. Tapi ingat ya, kamu harus berpakaian sopan di sini.

6. Kalau Jogja punya titik Nol Km, Solo juga punya lho! Jadi jangan sampai terlewat

Nggak melulu Jogja,  Solo juga bisa jadi alternatif liburanmufoto: Brilio.net/Fadila Adelin

Pada titik nol kilometer ini kamu akan menemukan sejumlah bangunan kuno yang keren banget kalau dijadikan latar belakang foto. Bangunan tersebut antara lain Benteng Vastenburg, Gedung Bank Indonesia, Balai Kota, Gereja Purbayan, kelenteng, serta Pasar Gede.

7. Selain Keraton Surakarta kamu bisa juga menuju ke Pura Mangkunegaran

Nggak melulu Jogja,  Solo juga bisa jadi alternatif liburanmufoto: surakarta.go.id

Satu lagi bangunan yang menyambung benang merah sejarah kerajaan Mataram adalah Pura Mangkunegaran. Hingga kini, bangunan ini masih dipergunakan sebagai kediaman Sri Paduka Mangkunegaran. Terletak di Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, bangunan ini tidak sulit dicari.

8. Perkaya wawasanmu tentang jejak sejarah pers di Indonesia di Monumen Pers.

Nggak melulu Jogja,  Solo juga bisa jadi alternatif liburanmufoto: wikimedia.org

Nggak ada salahnya kan wisata sambil belajar? Di sini kamu bisa mengulik sejarah media di Indonesia.  Ada sejumlah diorama yang menggambarkan perkembangan komunikasi di indonesia. Ada juga berbagai peralatan media yang dipergunakan pada masa lampau, seperti mesin cetak, kamera, dan mesin ketik kuno.

9. Lelah berkeliling? kamu bisa santai dan menghirup udara segar di Taman Balekambang

Nggak melulu Jogja,  Solo juga bisa jadi alternatif liburanmufoto: Brilio.net/Fadila Adelin

Pengen cari tempat buat rileks di kota Solo? Datangi aja Taman Balekambang yang gak jauh dari Stadion Manahan. Lingkungannya yang asri akan mempersilakan kamu untuk bersantai. Juga, nggak usah malu-malu untuk menyapa beberapa rusa yang dibiarkan bebas di taman ini. Di Taman ini juga disediakan kolam besar di mana kamu bisa main becak air. Asyik deh pokoknya!

10. Kamu pecinta binatang eksotis? wajib kunjungi Taman Satwataru Jurug

Nggak melulu Jogja,  Solo juga bisa jadi alternatif liburanmufoto: surakarta.go.id

Taman Satwataru Jurug, atau yang lebih populer dengan sebutan Taman Jurug ini adalah sebuah kebun binatang di kota Solo. Kebun binatang ini memiliki ratusan koleksi satwa langka dari nusantara maupun mancanegara. Karena letaknya yang berada di tepi Bengawan Solo, kamu juga bisa menyaksikan panorama sungai yang menjadi inspirasi lagu Gesang yang legendaris itu.

11. Pastikan juga kamu sempat blusukan ke Kampung Batik Laweyan

Nggak melulu Jogja,  Solo juga bisa jadi alternatif liburanmufoto: surakarta.go.id

Tempat ini bukan sekadar kampung produsen batik biasa, tetapi juga sudah menjadi kawasan wisata budaya. Selain menambah koleksi batik, di kampung ini kamu juga bisa melihat berbagai proses pembuatan batik bahkan belajar membatik langsung dari ahlinya.

12. Jangan lupakan wisata belanja dan kulinernya

Nggak melulu Jogja,  Solo juga bisa jadi alternatif liburanmufoto: jalansolo.com

Terbakarnya Pasar Klewer memang sangat disayangkan, nggak perlu kecewa kamu bisa mengunjungi PSG (Pusat Grosir Solo) dan Pasar Beteng. Di sana kamu bisa belanja batik dengan harga murah, jangan lupa juga cicipi kuliner di sekitarnya!

13. Ingin merasakan waterboom keren seperti di Jakarta, langsung aja menuju Pandawa Waterworld

Nggak melulu Jogja,  Solo juga bisa jadi alternatif liburanmufoto: indonesia-tourism.com

Ingin bermain air dengan wahana yang menantang? Kamu tinggal memacu kendaraanmu menuju kawasan  Solo baru, Sukoharjo. Di sana kamu bisa puas bermain air dengan setting yang menampilkan tokoh-tokoh wayang Pandawa Lima. Wuih, jadi kerasa banget deh kesan Jawanya.

14. Menikmati malam dengan wisata kuliner di Kawasan Ngarsopuro

Nggak melulu Jogja,  Solo juga bisa jadi alternatif liburanmufoto: yukpegi.com

Kawasan ini sangat cocok buat menikmati malam di Kota Solo. Setiap malam Sabtu dan Minggu di kawasan ini juga buka pasar malam yang menjual berbagai souvenir unik khas kota Solo. Puasa berbelanja, saatnya kamu makan malam memanjakan perut dengan aneka kuliner yang dijajakan di tempat ini.

Menarik kan? Gimana? Sudah siap menjelajah kota asli bapak presiden kita?