Brilio.net - Reuni biasanya jadi ajang untuk bertemu dengan teman-teman lama. Alumni dari suatu kelompok sering mengadakan reuni untuk mengenang masa lalu. Misalnya dengan teman semasa sekolah ataupun kuliah. Nah, tidak mau terikat dengan tradisi yang mainstream, negara ini punya hari reuni kepada alumni hati alias mantan pacar!

Seperti yang dilansir brilio.net dari odditycentral.com, Rabu (16/12), di desa lereng bukit Khau Vai, 500 km utara Hanoi tradisi ini biasa digelar. Acara tahunan ini diadakan selama dua hari pada tanggal 26 dan 27 bulan ketiga dari kalender lunar. Selama dua hari ratusan alumni dari berbagai suku akan bertemu kembali.

Negara ini punya hari khusus reuni dengan mantan pacar, wow!

Negara ini punya hari khusus reuni dengan mantan pacar, wow!

Orang-orang dari suku Nung, Tay, San Chi, Lo Lo, Dzao dan Hmong akan menghabiskan waktu dengan orang yang dulu pernah bersama. Konsep ini mungkin agak aneh bagi kita, bisa jadi malah menjadi sebuah pertengkaran. Namun bagi suku-suku dekat Khau Vai, reuni ini adalah bagian dari tradisi yang sudah berlangsung selama berabad-abad.

Loading...

Terdapat kisah sedih dibalik sejarah festival cinta ini. Dahulu ada pasangan kekasih yang cintanya harus berakhir karena berbeda suku. Demi menjaga perdamaian antar suku, mereka memutuskan untuk berpisah. Namun karena cinta yang kuat, mereka berjanji bertemu setahun sekali pada tanggal 27 bulan ke-3 kalender lunar. Tradisi ini sampai sekarang masih berjalan. Banyak orang menggunakan pakaian warna-warni dan saling mencari mantan kekasih mereka.

Ciye, jadi baper ya?