Brilio.net - Salah satu fasilitas yang disediakan dalam perjalanan menggunakan pesawat terbang adalah bagasi. Biasanya jumlah bagasi maksimal adalah 20 kg, tergantung kebijakan masing-masing maskapai. Ini penting sebab jika barang bawaan melebihi jumlah maksimal yang ditetapkan, maka akan dikenakan biaya tambahan berkisar Rp 20.000 untuk setiap kelebihan 1 kg.

Penyimpanan bagasi biasanya dilakukan bersamaan dengan boarding pass atau check in. Biasanya barang bawaan yang akan disimpan di bagasi akan ditimbang terlebih dahulu oleh petugas, apabila memenuhi syarat maksimal maka penumpang tidak perlu membayar biaya tambahan. Setelah ditimbang barulah barang bawaan akan diberikan nomor untuk nantinya digunakan saat pengambilan barang.

BACA JUGA: Fakta tak terduga ini ungkap alasan jendela pesawat berbentuk bundar

Baru-baru ini sebuah pengguna Twitter mengunggah foto yang memperlihatkan kondisi timbangan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang tidak sesuai pengukurannya. Dalam keadaan kosong, jarum di timbangan itu telah menunjukkan beban seberat satu kg.

Masih kosong, timbangan di bandara Makassar sudah tunjuk beban 1 kg

Loading...

"Pagi tadi di counter 37 Batik Air Bandara Sultan Hasanuddin. Timbangan kosong tapi sudah naik 1 Kg," kicau akun @SupirPete2.

Ya, hal ini memang terlihat ganjil sebab timbangan tersebut merupakan timbangan digital yang bekerja secara otomatis.