Brilio.net - Pahlawan super atau jawara adidaya alias superhero hanya karakter fiksi yang memiliki kekuatan luar biasa untuk melakukan tindakan hebat bagi kepentingan umum. Pahlawan super memiliki kemampuan atau kesaktian di atas rata-rata manusia, memakai pakaian yang khas dan mencolok serta nama yang khas, dan digambarkan sebagai penolong bagi yang lemah dalam membasmi kejahatan.

Tahukah kalian, superhero pertama adalah Phantom yang diciptakan oleh Lee Falk terbit di komik strip koran harian strip pada tanggal 17 February 1936? Lalu bagaimana dengan superhero asal Indonesia? Yuk kita intip beberapa pembasmi kejahatan asal Indonesia yang mungkin kalian sudah tahu yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber.

1. Godam Manusia Besi (1969)

Masih ingat superhero jadul asal Indonesia? Ini lho mereka!

Pahlawan Indonesia jadul, Godam Manusia Besi. Dilihat dari namanya, Godam itu keras seperti palu godam (palu yang besar). Ibaratnya seperti itulah. Kalau dilihat dari kekuatannya, Godam ibaratnya adalah "Superman"nya Indonesia.

Loading...

2. Sembrani (1974)

Masih ingat superhero jadul asal Indonesia? Ini lho mereka!

Tokoh komik superhero yang bernama Sembrani ini merupakan ciptaan Hasmi pada tahun 1974. Kalau di Jawa ada istilah wesi berani atau besi berani alias magnet, sepertinya itulah asal kata Sembrani. Superhero asli Indonesia yang mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan magnet. Sembrani pertama kali muncul dalam serial Gundala 1.000 Pendekar.

3. Aquanus (1968)

Masih ingat superhero jadul asal Indonesia? Ini lho mereka!

Selain menciptakan Godam Manusia Besi, Wid NS (Widodo Nur Slamet) juga menciptakan karakter superhero yang bernama Aquanus. Nama Aquanus berasal dari kata Aqua yang artinya air, dan Nus dari kata Dhanus. Dhanus adalah nama seorang anak dari planet Zyba. Bangsa Zyba adalah bangsa yang mampu hidup di darat dan di air, sehingga Dhanus yag merupakan keturunan Zyba bisa bermain sampai dasar laut.

4. Kalong (1972)

Masih ingat superhero jadul asal Indonesia? Ini lho mereka!

Kalau di Jawa, Kalong adalah sejenis kelelawar besar pemakan buah-buahan. Kalong atau Calong adalah tokoh komik ciptaan Hasmi yang muncul pertama kali pada tahun 1972 dalam judul Calong Anak Kelelawar.

Ceritanya kurang lebih tentang seorang anak yang mempunyai kemampuan khusus, yaitu dapat terbang, kebal terhadap senjata, dan dari ujung jarinya dapat memancarkan sinar pemaham (sinar kejujuran), sinar yang dapat membuat hewan dapat mengerti bahasa manusia dan dapat berbicara untuk memberikan keterangan yang jujur.

5. Jin Kartubi (1968)

Masih ingat superhero jadul asal Indonesia? Ini lho mereka!

Inilah "Hulk"nya Superhero Indonesia, kenapa bisa begitu? Ya, Jin Kartubi memiliki badan besar seperti raksasa, memiliki kekebalan super, bahkan bisa terbang pula.

Bedanya, Jin Kartubi adalah sebangsa jin, jadi tunduk dan patuh terhadap majikannya. Majikannya bernama Maza. Saat membutuhkan bantuan Jin Kartubi, Maza tinggal menggosok pisau belatinya.

6. Merpati (1977)

Masih ingat superhero jadul asal Indonesia? Ini lho mereka!

Merpati adalah superhero wanita yang mempunyai kemampuan terbang, mencari arah, dan pandai bela diri. Kalau pengen tahu, dia ini adalah kekasih Gundala. Nama aslinya adalah Sedhah, profesinya adalah wartawati.

BACA JUGA:

Suara Naruto ternyata berasal dari perempuan

Pacar Barbie meninggal karena kanker

Ternyata aksara Jawa Hanacaraka adalah sebuah puisi

VIDEO: Pelukan seorang ibu menghidupkan anaknya kembali

Kisah tragis episode terakhir Tom dan Jerry