Brilio.net - Mahasiswa di setiap negara tentu punya 'kehidupan' masing-masing yang khas. Bahkan dalam satu negara pun, tiap wilayah punya cerita sendiri-sendiri tentang kondisi mahasiswanya.

Tentu ada banyak sekali cerita tentang kebiasaan para mahasiswa, namun yang terpenting adalah mencontoh apa-apa yang baik dan menjauhi yang buruk-buruk.

Seperti yang terjadi di salah satu universitas ternama di Thailand, yaitu Chulalongkorn University. Di perguruan tinggi ini kamu bisa menemui kebiasaan para mahasiswanya yang mungkin agak asing di Indonesia karena belum menjadi habit dan belum populer.

Seperti dituturkan M Khoirul Ummam, mahasiswa asal Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yang mengikuti program pertukaran di The Petroleum and Petrochemical College, Chulalongkorn University, Bangkok, bahwa mahasiswa di tempat dia kuliah patut diteladani.

"Mahasiswa di Chulalongkorn pada rajin-rajin belajar. Di apartemen aku pernah lihat di area santainya jam 11 malam mahasiswa lagi belajar terus pagi lewat sana lagi liat orang yang sama dengan posisi sama," tutur mahasiswa asal Jambi ini.

Loading...

"Kalau akhir pekan atau tanggal merah mereka tetap pada belajar, karena mereka punya jam produktif dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore. Jadi tiap hari mereka sudah terbiasa melakukan kegiatan semisal belajar atau riset, meskipun hari libur," tambah Ummam, sapaan akrabnya.

Di tempat kongkow pun, semisal kafe, tak jarang dijumpai para mahasiswa yang tengah mengerjakan tugas atau belajar. "Mungkin karena kulturnya yang memang mendukung sih. Jadi mahasiswa asli Thailand ataupun dari luar udah pada terbiasa rajin belajar," aku pemuda yang di kampusnya sebagai pemimpin redaksi persma fakultas ini.

Di kelas, Ummam mengaku selama 4 bulan belajar (Januari-Mei 2015) di universitas peringkat 3 di Thailand tersebut, sangat kerap diberi tugas makalah. "Pekan ini dikasih tema, presentasi minggu depan, dikasih tema baru buat dipresentasikan minggu depannya lagi. Awal-awal kita kaget karena nggak terbiasa dapat tugas kayak gitu," tutupnya.

Tertarik belajar di sini? Dijamin bagi kamu yang awalnya suka banget santai dan uring-uringan bakal jadi rajin abis kalau kuliah di sini.

foto: cerita thailand