Brilio.net - Banyak orang yang menganggap nge-game hanya membuang-buang waktu saja. Para orang tua yang tau anaknya kecanduan game khawatir jika kelak anaknya akan menjadi antisosial. Berusaha menghilangkan dan menepis ketakutan itu, lima pemuda membuat game baru bernama Chip Champs.

Mereka adalah Gisneo Pratala Putra(UGM), Riza Febriyanto Arianto(UI), Fakhry Hafiyyan Wicaksana (UGM), Fadlika Dita Nurjanto(ITS), Bintang Satria Gautama (UNS). Lima mahasiswa lintas universitas itu tergabung dalam naungan Circustudio, Inc.

Lima pemuda ini buat game yang seimbangkan otak kanan dan otak kiri

Gisneo, CEO Circustudio, mengungkapkan, game Chip Champs menggabungkan tiga kompetensi, yakni competence, autonomus, dan releatedness yang ada pada tiga permainan yang berbeda. Competence merupakan keterujian kompetensi. Autonomus adalah kehendak terhadap sesuatu sesuai keinginan pribadi. Sedangkan Releatedness adalah relasi yang terbentuk dalam bermain game.

"Chip Champs adalah game ringan yang menggabungkan tiga kompetensi itu untuk mendobrak paradigma negatif game," terang Gisneo kepada brilio.net, Rabu (7/10).

Loading...

Gisneo mengatakan, Chip Champ merupakan game yang simpel tapi cukup memutar otak. Pada permainan tersebut terdapat tombol merah dan biru serta dua chip yang juga berwarna merah dan biru. Pemain harus menyinkronkan tombol dan chip sesuai perintah dalam waktu yang begitu cepat.

"Di situ melatih konsentrasi, koordinasi, dan bagaimana cara kita mengambil tindakan dalam waktu yang cepat dan tepat," kata mahasiswa Teknik Mesin UGM ini.

Lima pemuda ini buat game yang seimbangkan otak kanan dan otak kiri

Gisneo menegaskan jika dengan konsep permainan seperti itu, game ini bisa melatih keseimbangan otak kanan dan kiri. Selain itu, game yang dibuat dalam waktu empat bulan ini juga didesain untuk bisa menurunkan risiko serangan stroke pada seseorang. Penurunan risiko serangan store itu ada karena aktivitas dalam permainan ini yang menyeimbangkan peran otak kanan dan otak kiri.

Untuk sementara game ini baru bisa diunduh di PlayStore bagi pengguna Android dan masih dalam tahap pengembangan untuk iOS maupun Windows Mobile.