Brilio.net - Kasus kelainan kelamin ganda yang diderita Hafiz, ternyata tak hanya ada di Malaysia saja tetapi juga di Indonesia. Ada beberapa warga di Indonesia yang harus memperjuangkan status kelamin mereka agar bisa diterima oleh masyarakat luas.

Berikut daftar warga Indonesia berkelamin ganda yang dikumpulkan brilio.net, Senin (6/4) dari berbagai sumber:

1. Siti Maemunah asal Semarang

Kisah WNI yang berkelamin ganda

Siti terlahir sebagai perempuan, namun menginjak dewasa hormon maskulinitasnya justru lebih menguasai dirinya. Di usia 19 tahun Siti sudah tidak lagi menstruasi. Bahkan beberapa tanda fisik seperti jakun dan suara yang berat juga menghampiri Siti di masa pubertas.

Loading...

Saat dewasa akhirnya Siti memberanikan diri untuk mengubah statusnya dari perempuan ke laki-laki di Pengadilan Negeri Semarang. Kini Siti hidup kembali sebagai laik-laki dengan nama M. Prawiro Dijoyo.

2. Riki asal Banyumas

Kisah WNI yang berkelamin ganda

Riki sebelumnya terlahir sebagai perempuan dengan nama Aisah Dewi Karmila. Namun saat masih berusia beberapa bulan tiba-tiba tumbuh tonjolan seperti alat kelamin pria di kemaluannya.

Karena keterbatasan ekonomi, Riki terus hidup sebagai perempuan hingga usia 9 tahun. Baru setelah itu dia bisa menjalani pengobatan dan operasi dengan dana jamkesmas. Setelah operasi tersebut namanya berubah menjadi Riki Febrian.

3. Sukarnah asal Ciamis

Kisah WNI yang berkelamin ganda

Sukarnah merupakan atlet Indonesia yang sempat mengharumkan nama Indonesia dengan menerima medali perunggu cabang lempar lembing wanita di Asian Games Tokyo 1958. Namun suatu hari dia bermimpi bertemu mantan Presiden Republik Indonesia Soekarno yang saat itu membawa seorang wanita yang katanya calon istrinya.

Sejak saat itu, fisik Sukarnah mulai berubah dari wanita menjadi laki-laki. Dia akhirnya memutuskan merubah namanya menjadi Iwan Setiawan.

BACA JUGA:

Apa yang sebenarnya terjadi dengan Hafiz, pria berwajah cantik?

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar