Brilio.net - Peristiwa yang menimpa Hafizal bin Husain atau Hafiz tentunya membuat geger publik Malaysia bahkan Indonesia. Bagaimana bisa seorang lelaki namun memiliki paras yang cantik layaknya wanita? Setelah diteliti lebih jauh ternyata Hafiz mengalami kelainan kromosom yang bernama khunsa.

Khunsa merupakan sebuah kelainan dimana penderita terlahir dengan kelamin ganda (laki-laki dan perempuan). Khunsa memiliki dua karakteristik yang ditentukan oleh kromosom yakni X dan XY.

Apa yang sebenarnya terjadi dengan Hafiz, pria berwajah cantik?

Kasus kelamin ganda pada wanita dipengaruhi oleh 2 kromosom X yakni organ kewanitaan berubah perlahan seperti pria. Hal tersebut tentunya juga mempengaruhi hormon maskulinitasnya yang berkembang terus menerus sehingga menyebabkan wanita menyerupai pria.

Sedangkan yang dialami Hafiz merupakan jenis karakteristik kromosom XY pada pria. Tanda-tandanya adalah organ kelamin pria yang kecil dan tidak mengeluarkan sperma serta tidak mempunyai testis. Selain itu hormon kewanitaannya terus tumbuh, sehingga secara tidak sadar dirinya berubah menjadi wanita meskipun pas lahir dia dinyatakan sebagai laki-laki.

Loading...

Faktor utama yang mempengaruhi kelainan ini adalah faktor genetika. Faktor tersebut kebanyakan ditandai dengan kemandulan, siklus menstruasi tidak teratur, kelainan pada organ genital dan perubahan fisik yang tidak normal pada masa pubertas.

Baca juga:

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar