Brilio.net - Momen bulan Ramadan dan kesempatan mengunjungi Jeddah, Arab Saudi, tak disia-siakan para anggota Satuan Tugas Kartika Jala Krida (Satgas KJK) 2015 untuk meningkatkan amalan ibadah, meski sedang dalam tugas. Para anggota TNI Angkatan Laut, taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), dan sejumah pelajar SMK beserta gurunya yang beragama Islam yang berada di kapal perang KRI Banjarmasin-592 ini melaksanakan manasik umrah, Jumat (19/6).

Mereka sedang berlayar menuju Tanah Air setelah merampungkan kegiatan dalam World Expo Milano (WEM) 2015 di Genoa, Milan, Italia. Dalam pelayaran ini, kapal melintasi Laut Tyrrhenian di sebelah barat perairan Italia, sebelum memasuki Terusan Suez menuju persinggahan berikutnya di Jeddah, Saudi Arabia.

Latihan manasik umrah dibimbing oleh Perwira Rohani Islam (Parohis) Satgas KJK 2015 Mayor Laut (KH) Latief Wibawa, M.Ag bertempat di geladak helikopter KRI Banjarmasin-592. Menurut Latief Wibawa, maksud dan tujuan dilaksanakan latihan manasik umrah agar agar seluruh Taruna, ABK, dan pendukung Satgas KJK 2015 mengerti, memahami, menguasai pelaksanaan ibadah umrah yang sesungguhnya, mulai dari niat umrah, pelaksanaan thawaf, sai, dan tahalul.

Pelaksanaan latihan manasik umrah di atas kapal tersebut dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama dibagi menjadi tiga gelombang yang diikuti oleh seluruh Taruna AAL, Pelajar SMK, dan para guru dan para pendamping taruna. Sedangkan untuk tahap kedua dibagi menjadi tiga gelombang yang diikuti oleh seluruh ABK kapal serta personel pendukung lainnya.

Nuansa khidmat saat mengikuti latihan manasik semakin terasa terlebih seluruh prajurit dan para Taruna dan pelajar, serta pendukung termasuk ABK kapal yang beragama Islam menunaikan ibadah puasa Ramadan dalam pelayaran tersebut. "Semua personel sangat serius dan khusu mengikuti latihan manasik umrah ini. Insya Allah kegiatan ini sambil berpuasa Ramadan dapat bernilai ibadah," kata Latief Wibawa seperti disampaikan Dispenal.

Kehadiran Satgas KJK 2015 dalam pameran WEM 2015 di Genoa Italia berkaitan dengan pelayaran muhibah KRI Banjarmasin-592 yang membawa Satgas KJK 2015. Selain membawa Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), KRI Banjarmasin-592 yang dikomandani Letkol Laut (P) Rahmat Arief Bintoro juga membawa Taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Taruna Sekolah Tinggi Perikanan (STP), Taruna Nautika Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, serta pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran dan Perikanan.

Kapal perang TNI AL produksi PT PAL Surabaya jenis Landing Platform Deck (LPD) ini berlayar dari Indonesia menuju Italia sejak 28 April 2015 lalu dari dermaga TNI AL di Surabaya. Dijadwalkan KRI Banjarmasin-592 akan merapat di Surabaya pada tanggal 28 Juli 2015 mendatang.

BACA JUGA:

Hilang akibat granat, tangan anggota TNI AL kini 'utuh' lagi

7 Daya tarik markas TNI di Lebanon, lokasi favorit selfie & belanja

Kisah teladan dari pensiunan TNI AD yang jadi sopir angkot

Cerita keberanian F-16 TNI AU cegat pesawat tempur AS

Cerita kehebatan pilot TNI AU terbang pakai pesawat rongsokan Jepang

5 Wanita Kopassus harumkan Indonesia lewat olahraga