Brilio.net -Baru-baru ini, akun Facebook Jude Chris jadi pembicaraan. Bukan karena dia di bully. Tapi karena cerita tentang seorang penjual madu keliling yang di-posting-nya. Dalam akunnya, Jude menceritakan bagaimana dia bertemu dengan seorang penjual madu paruh baya yang membawa dagangannya dengan ember.

Dalam postingannya pada 10 Januari 2016 lalu, Jude bersama suaminya sedang melintas di Kompleks Perumahan Pegawai Pemprov DKI, Joglo, Jakarta Barat. Saat itu dia melihat Hendi, si bapak penjual madu yang berjalan tertatih-tatih.

Tak pelak pasangan suami istri ini pun berhenti dan menghampiri Hendi. Setelah ditanya ternyata Hendi menjual madu botolan hasil sadapan sendiri dan keluarganya. Dia juga membawa royal jelly (sarang madu) dalam ember.

Hendi adalah warga Ujung Kulon, Banten. Untuk berjualan di Jakarta dia harus naik turun bus. Setelah sampai di Terminal Kalideres, Hendi melanjutkan jalan kaki sekuat kakinya melangkah. Jika madu yang dijajakan habis terjual, baru dia pulang ke rumah. Siklus inilah yang selalu dilakoni Hendi. Tidak jarang dia harus beberapa hari di Jakarta. Jika saatnya tidur, Hendi selalu mencari masjid atau mushala.

Madu-madu yang dijual Hendi harganya bervariasi, mulai dari Rp120 ribu sampai Rp170 ribu per botol. Begitu juga dengan jenis madu. Ada madu leci dan madu hutan.

Loading...

“Uang saya di dompet saat itu tinggal Rp 175 ribu. Jadi saya beli yang harga Rp 150 ribu. Sisanya buat si bapak,” tulis Jude.

Jude juga sempat menanyakan kondisi tangan dan bahu Hendi yang kelihatan tidak normal, terlihat seperti patah di bagian tulangnya. Ternyata kondisi itu dialami Hendi saat mengambil madu di hutan empat tahun lalu.

Dia terjatuh dari pohon dan bahunya menimpa batu. Kondisi bahunya pun sudah empat tahun tidak ditangani serius karena tidak ada biaya. “Saya benar-benar miris lihat kondisi bahunya,” kata Jude.

Kendati memiliki keterbatasan fisik, Hendi tetap semangat mengais rezeki di Jakarta walau harus meninggalkan keluarganya di Ujung Kulon. “So guys, klo kalian butuh madu bisa hub bapak ini. Bisa telepon ke 0856 24737397, karena doi nggak netap. Kualitas madu cukup bagus menurut gue, semalem udah minum air putih plus madu, enggak ada sakit perut,” tulis Jude seraya mempromosikan madu jualan Hendi.