Brilio.net - Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi yang dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk. Di Indonesia budaya meminum kopi sudah sangat lumrah dengan banyaknya kedai kopi yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Salah satu kopi khas yang sedang nge-tren adalah kopi joss. Bila kamu penggemar minuman kopi dan sedang berkunjung ke Kota Jogjakarta, silakan berkunjung ke angkringan kopi joss yang terletak di sebelah utara Malioboro atau Stasiun Tugu. Perbedaan kopi joss dengan kopi pada umumnya yaitu ditambahkan arang yang masih membara ke dalam kopi yang siap diseduh.

Bunyi "joss" saat arang yang masih membara dimasukkan ke dalam kopi inilah yang kemudian membuat kopi ini dinamakan kopi joss."Arang di kopi joss bisa mengurangi kadar kafein dan bisa menyembuhkan kembung," kata seorang penjual kopi joss di sekitar Stasiun Tugu kepadabrilio.net.

Kopi joss dipercaya bermanfaat untuk menghilangkan penyakit seperti kembung , mulas dan obat sakit perut. Menurut ahli kesehatan, kandungan kafein pada kopi joss dipercaya rendah karena dinetralisasi oleh arang yang juga berfungsi mengikat polutan dan racun jika dibakar lebih dari 250 derajat celcius.