Brilio.net - Berbuat kebaikan memang bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja, termasuk oleh komunitas Merkid's. Melihat tak adanya tempat ibadah di daerah Goa dan Air Terjun Cibiru yang ada di Samigaluh, Kulonprogo, komunitas Merkid's berinisiatif menggalang donasi untuk pembangunan musala di sana.

Hasan, ketua Merkid's, saat ditemui brilio.net, Selasa (11/8) mengungkapkan jika inisiatif itu datang dari dirinya. Hasan mengungkapkan bahwa saat dirinya mendatangi acara peremsian Air Terjun Cibiru di Kulon Progo, ia merasa kesulitan mencari masjid atau musala untuk shalat. Masjid yang ada letaknya masih jauh dari lokasi air terjun itu. Hasan pun kemudian terpikir untuk membangun musala di tempat itu.

"Saya kemudian komunikasikan keinginan saya itu ke Pak RW dan Lurah setempat, alhamdulillah direspona baik," terang Hasan.

Hasan menjadikan Merkid's sebagai tempat untuk menggalang donasi. Maklum saja, Merkid's merupakan komunitas yang bergerak di bidang sosial. Salah satu kegiatan donasi dilakukan saat halal bi halal keluarga besar Merkid's di salah satu tempat pemancingan di Jogja, Minggu (9/8). Hingga saat ini, proses donasi terus dilakukan oleh para anggota Merkid's yang berjumlah lebih dari 700 orang hingga dana yang diharapkan mencukupi.

"Itulah Merkid's, menjadi wadah bagi anggotanya untuk menyalurkan bantuan," terang Hasan.

Loading...

Merkid's merupakan salah satu komunitas sosial yang ada di Jogja. Dulunya, komunitas yang berasal dari Mergangsan Kidul Jogja ini terkenal urakan dan nakal. Berjalannya waktu, komunitas ini kemudian berubah menjadi komunitas sosial yang dekat dengan kaum pinggiran. Anggotanya pun sudah bermacam-macam, mulai dari kaum jalanan, pengusaha salon, hingga pemilik toko emas.