Brilio.net - Selain makanan, gaya hidup sehat dan olahraga juga berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Olahraga bukan hanya perlu dipraktikkan secara konsisten, tapi juga harus benar dan dipahami cara mempraktikkannya. Jika kamu melakukan gerakan olahraga dengan benar maka hasilnya pun juga akan maksimal.

Olahraga selain menyehatkan badan juga bakal berefek negatif bagi tubuh jika salah melakukannya. Berikut ini kesalahan-kesalahan yang sering kamu lakukan ketika berolahraga, seperti yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu(24/11) :

1. Olahraga dalam kondisi perut kosong

Kesalahan ini sering kamu lakukan saat olahraga, hindari ya!foto: http://fitnestips.com

Kesalahan yang pertama adalah berolahraga dalam kondisi perut kosong. Alih-alih melakukan diet, kamu juga nggak bisa seenaknya saja nekat melakukan olahraga dengan kondisi perut kosong.

Loading...

"Olahraga adalah kegiatan yang membutuhkan tenaga, makanya tidak dianjurkan untuk berolahraga dengan perut kosong," kata Prahastara, guru olahraga di Bantul, Yogyakarta.

2. Makan terlalu kenyang sebelum berolahraga

Kesalahan ini sering kamu lakukan saat olahraga, hindari ya!foto: http://yogadallas.com

Selain nggak boleh berolahraga dengan kondisi perut kosong, salah juga jika kamu berolahraga dalam kondisi perut terlalu kenyang. Saat akan melakukan aktivitas olahraga jangan sampai keadaan perut dalam kondisi keroncongan maupun terlalu kekenyangan.

"Pada saat perut sedang penuh, maka dikhawatirkan dapat menyebabkan kram perut," tambah Prahas, sapaan akrabnya.

3. Lupa pemanasan

Kesalahan ini sering kamu lakukan saat olahraga, hindari ya!foto: http://bretcontreras.com

Streching atau pemanasan penting untuk peregangan dan melebarkan pembuluh darah sehingga lebih banyak oksigen akan mengalir ke otot. Pemanasan penting  agar tubuh tidak kaget langsung menerima latihan inti atau latihan utama.

4. Minum dingin saat suhu tubuh masih panas

Kesalahan ini sering kamu lakukan saat olahraga, hindari ya!foto: http://www.hermanbagus.com

Olahraga membuat suhu tubuh meningkat sehingga terasa panas dan berkeringat saat olahraga. Kesalahan selanjutnya yang umum terjadi adalah orang-orang memilih minum dingin.

"Sebaiknya minum air putih biasa atau hangat setelah berolahraga," terang cowok asli Bantul, Yogyakarta ini.

5.Olahraga terlalu berat (overtraining)

Kesalahan ini sering kamu lakukan saat olahraga, hindari ya!foto:http://www.mensfitness.com

Rajin berolahraga memang baik bagi tubuh, tapi jika berlebihan tentu saja malah akan memberikan dampak yang sebaliknya. "olahraga berlebihan atau terlalu berat justru akan membuat tubuh terlalu lelah sampai bisa juga cedera tulang", imbuhnya.

6. Teknik gerakan yang tidak benar

Kesalahan ini sering kamu lakukan saat olahraga, hindari ya!foto: http://media.mbigroup.co.id/

Sebaiknya jika kamu melakukan olahraga seperti fitnes atau olahraga kardio, kamu melakukannya dengan pemahaman yang benar. Jangan sampai salah teknik atau salah gerakan melakukannya. Karena masih banyak orang yang belum mengetahui gerakan yang benar.

"Teknik gerakan yang tidak benar itu misalnya tidak sesuai dengan poros gerakan yang seharusnya," ungkap Prahas.

7. Tidak melakukan pendinginan

Kesalahan ini sering kamu lakukan saat olahraga, hindari ya!foto: http://www.hellawella.com/

Kesalahan terakhir yang juga sering dilakukan saat berolahraga adalah tidak melakukan gerakan pendinginan. Melakukan pendinginan akan memberikan waktu pada tubuh  untuk menurunkan detak jantung dan tekanan darah agar kembali ke tekanan darah yang normal.

"Pendinginan setelah olahraga juga bisa menurunkan risiko cidera setelah berolahraga. "Dengan melakukan pendinginan setelah olahraga juga bisa menurunkan risiko setelah berolahraga," tutupnya.

Nah, sekarang kamu tahu kan Guys? Sebaiknya jangan sampai melakukan kesalahan-kesalahan ini lagi ya.