Brilio.net - Ingin cantik adalah dambaan setiap perempuan. Namun, tentu saja setiap perempuan harus merawat tubuh dan wajahnya agar dapat memberikan kepercayaan diri yang lebih pada diri.

Hal itu diungkapkan GKR Bendara, putri Sri Sultan Hamengku Buwono X pada acara peluncuran produk kecantikan HAYYANA di kompleks Candi Prambanan, Jumat (14/8).

Pada kesempatan itu, GKR Bendara mengungkap rahasia kecantikan ala putri keraton Yogyakarta. Menurut GKR Bendara, sejak kecil ia bersama putri Sultan HB X lainnya sudah diajari menggunakan bahan-bahan alami.

"Sejak 25 tahun lalu, lima putri keraton sudah memanfaatkan khasiat dari kepompong emas untuk perawatan kecantikannya," kata GKR Bendara.

GKR Bendara mengungkapkan jika kepompong emas atau royal golden cocoon merupakan kepompong dari kupu-kupu tricula. Karena liar dan tak bisa diambil suteranya, dulu kepompong emas dari kupu-kupu tricula yang hanya hidup di pohon mete dan murbai dianggap sebagai hama. padahal, sejatinya kepompong emas mempunyai khasiat tersembunyi yang baik bagi kulit.

Loading...

Kepompong emas mengandung zat aktif asam amino sericin yang memiliki khasiat sebagai zat aktif untuk anti-aging  yang mengatasi penuaan dini, brightening yang mencerahkan, dan moisturizer yang melembabkan kulit.

Penangkaran kepompong emas milik keluarga keraton terletak di Bantul. Dulu, penggunaan kepompong emas di kalangan putri keraton dilakukan dengan merebus kemudian menumbuknya. Tapi setelah dijadikan produk, penggunaan kepompong emas sebagai perawatan kulit menjadi lebih mudah.

"Meski begitu, setiap perempuan juga harus menjaga pola hidup sehat karena pola hidup sehat juga merupakan bentuk perawatan kulit," terang wanita yang biasa dipanggil Jeng Reni ini.