Brilio.net - Kamu mahasiswa? Pasti punya KTM dong ya! KTM atau Kartu Tanda Mahasiswa itu layaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP) kamu di lingkungan kampus. Ibarat Surat Izin Mengemudi (SIM), yang merupakan surat izinmu untuk menuntut ilmu di kampus. Kartu tersebut merupakan identitas kamu sebagai mahasiswa suatu kampus.  Kamu nggak punya KTM bisa-bisa kamu disangka mahasiswa penyusup!

Walaupun kadang kamu berpikir bahwa kegunaan KTM ini nggak sepenting KTP dan SIM, jika hilang mengurusnya juga bakal ribet. Sama seperti kehilangan KTP, kehilangan KTM kamu harus lapor polisi! Padahal kalau dipikir-pikir KTM ini fungsinya nggak seluas KTP.

Nah, brilio.net merangkum pendapat mahasiswa, sebenarnya apa sih kegunaan KTM selain untuk urusan akademik tentunya!

1. Jaminan pinjam komik

Kegunaan KTM mulai dari urusan akademik sampai pinjam komik

Loading...

Eka salah satu mahasiswi Hubungan Internasional menggunakan KTM untuk jaminan meminjam komik di rental buku. "Kalau aku sih buat pinjam komik, sayang ah kalau pake KTP jadi mending pakai KTM aja," ujarnya sambil tertawa.

2. Jaminan pinjam DVD

Kegunaan KTM mulai dari urusan akademik sampai pinjam komik

Selain belajar dan tidur, mahasiswa juga butuh hiburan. Salah satu hiburan para mahasiswa adalah minjem DVD dan nonton film seharian di kost. Apalagi kalau tanggal tua dan sudah tidak ada dana untuk nonton bioskop, rental DVD bisa jadi penolong.  Dio, mahasiswa Agroteknologi mengatakan biasanya memakai KTM untuk meminjam DVD.

"Sayangnya KTM nggak bisa buat pinjam PS, rental PS maunya KTP atau SIM. Kalau KTM nggak laku!" kata dia.  

3. Untuk dapat diskonan

Kegunaan KTM mulai dari urusan akademik sampai pinjam komik

Buat mahasiswa apalagi mahasiswa rantau, dapat diskon adalah salah satu kebahagiaan dalam kehidupan mereka. Nah di sini keberadaan KTM bisa sangat berguna, soalnya nggak sedikit lho event atau toko yang memberikan diskon kepada mereka yang bisa menunjukkan KTM. "Aku kuliah di Jogja, dan di sini sering banyak event kayak pameran, pertunjukan seni, konser. Lumayan lho diskonnya! Kemarin aja aku ke ARTJOG 2015 dapat diskon 50% dari Rp 50.000 jadi Rp 25.000," terang Anti, salah satu mahasiswa rantau yang menuntut ilmu di Jogja.

4. Menuhin slot di dompet

Kegunaan KTM mulai dari urusan akademik sampai pinjam komik

Nggak kayak orang kantoran yang dompetnya penuh dengan kartu ATM dan Kartu Kredit dari berbagai macam bank yang membuat dompet terlihat tebal. Untuk mahasiswa sih boro-boro dompet tebal, ada isinya aja udah syukur!

Adel, salah satu alumni Universitas di Jogja mengatakan, "Kalau kampusku dulu itu tiap semester ganti KTM jadi selama kuliah aku punya delapan KTM, lumayan buat menghias dompet," ujar gadis berkerudung itu sambil tertawa.

5. Buat gantungan kunci

Kegunaan KTM mulai dari urusan akademik sampai pinjam komik

Masih dari Adel yang mencoba kreatif, beberapa KTM yang dia miliki tersebut dikumpulkannya dan dilubangi untuk gantungan kunci!

Kalau kalian sendiri bagaimana? Biasanya KTM kalian buat apa?