Brilio.net - Kebiasaan masyarakat menjadi salah satu cerminan bagaimana kepribadian masyarakat tersebut. Di Indonesia sendiri, sebut saja dalam budaya parkir kendaraan, masih acak-acakan. Tentu ini menjadi koreksi bersama untuk menciptakan budaya parkir yang baik, mulai dari diri sendiri, keluarga, teman hingga menular ke banyak orang.

Selain budaya cara parkir kendaraan yang belum tertib, ada juga cara parkir yang aneh dan bikin nggak habis pikir. Berikut brilio.net rangkum, Rabu (2/12), cara aneh parkir orang Indonesia yang kadang bikin jengkel.

1. Parkir di empat tempat sekaligus

Kebiasaan parkir orang Indonesia yang salah, bikin jengkel!foto: Faisal Adlan

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Pengendara Toyota Avanza ini cukup ngawur, entah masih amatir atau memang sembrono. Pengemudi mobil bernomor polisi Jakarta ini memarkirkan kendaraannya dengan cara mengambil empat slot parkir sekaligus. Tentu saja perbuatannya tersebut bikin geram pengemudi lain, karena menyerobot hak orang lain.

2. Parkir kendaraan di landas pacu pesawat

Kebiasaan parkir orang Indonesia yang salah, bikin jengkel!foto: Fransiscus

Kejadian parkir aneh ini terjadi di Bandara Palangkaraya. Pesawat yang hendak melakukan penerbangan ke Bandara Soekarno Hatta (CGK) ke Jakarta dikagetkan dengan adanya motor trail tanpa pengendara yang diparkir di landasan pacu pesawat.

3. Parkir sembarangan di depan rumah orang

Kebiasaan parkir orang Indonesia yang salah, bikin jengkel!foto: Aris Evo Saputro

Kejadian seperti ini memang marak dan bikin jengkel. Banyak pemilik mobil acap kali memarkir mobilnya di depan halaman atau bahkan gerbang rumah milik orang lain. Tentu saja parkir tersebut mengganggu akses keluar masuk mobil atau kendaraan pemilik rumah. Karenanya tidak jarang pemilik rumah marah dan memasang pesan pedas untuk pemilik mobil yang parkir sembarangan.

4. Parkir di dalam warung soto

Kebiasaan parkir orang Indonesia yang salah, bikin jengkel!

Kebiasaan parkir orang Indonesia yang salah, bikin jengkel!

Kebiasaan parkir orang Indonesia yang salah, bikin jengkel!

Kalau kejadian yang ini tidak disengaja pemilik mobil, melainkan lebih ke faktor keterpaksaan. Sebab mobil berwarna hitam ini sudah mangkring di lokasi tersebut sejak pagi hingga malam hari, tanpa diketahui siapa pemiliknya. Sedangkan lokasi tersebut biasanya digunakan untuk berjualan soto pada malam hari. Akhirnya pedagang soto terpaksa membuka dagangannya dengan mobil berada di tengah-tengah warungya. Duh kasian ya pedagangnya.

5. Parkir di trotoar

Kebiasaan parkir orang Indonesia yang salah, bikin jengkel!foto: Putra Prima Perdana

Tidak hanya di kota-kota besar, hampir di semua kota juga mengalami problem serupa. Kesadaran yang minim tentang pentingnya trotoar bagi pengguna jalan kaki, membuat banyak orang parkir sembarangan di trotoar bahu jalan.

sampai pernah di Bandung, wali kotanya, Ridwan Kamil sampai menegur pengemudi truk yang Bahkan tidak hanya motor atau mobil, truk pun ikut parkir sembarangan di trotoar memarkirkan kendaraannya di atas trotoar. Ingat ya, trotoar itu hak pengguna jalan kaki, bukan untuk parkir kendaraan bermotor.

(brl/swh)