Brilio.net - Berwisata memang tak lengkap jika tanpa membawa buah tangan. Entah itu berupa makanan, pakaian, atau suvenir. Tak jarang orang yang berwisata sampai menganggarkan dana sendiri untuk membeli barang-barang khas di kota yang dituju.

Apalagi jika kota yang kamu kunjungi memang mempunyai pesona dan terkenal punya banyak ciri khas. Kota Solo menjadi salah satunya. Kota dengan julukan The Spirit of Java ini memang terkenal dengan budaya yang masih kental. Nggak heran jika banyak menjadi tujuan orang untuk berwisata.

Nah, saat kamu ke Kota Solo dan ingin berbelanja, 5 tempat ini bisa menjadi rekomendasi buatmu agar mendapatkan barang yang murah tapi nggak murahan:

1. Pasar Klewer Solo

Kamu shopping holic dan lagi di Solo? 5 lokasi ini wajib dikunjungifoto: panduanwisata.id

Loading...

Pasar Klewer menjadi salah satu ikon berbelanja di Solo. Kalau kamu ingin mencari batik dengan harga miring, Pasar Klewer ini bisa jadi tempat yang sangat pas. Batik adalah komoditas utama di pasar yang menjadi kebanggaan warga Solo ini.

Pasar Klewer menyediakan berbagai macam pakaian dan tekstil bermotif batik, mulai dari kain, kemeja pria, rok hingga daster yang cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta. Mau batik cap atau pun tulis juga ada di sini. Seperti pasar kebanyakan, tawar menawar harga pun berlaku di Pasar Klewer.

2. Pasar Gede Harjonagoro

Kamu shopping holic dan lagi di Solo? 5 lokasi ini wajib dikunjungifoto: brilio.net/Romdlon

Nah, jika kamu ingin berbelanja buah dengan harga super murah, pasar Gede Harjonagoro jadi pilihan yang tepat. Pasar tertua di Solo ini memang menjadi pusat grosir berbagai buah. Mau buah impor atau buah lokal ada lengkap di sini.

Karena menjadi pusat grosir itu, maka harga di tempat ini menjadi murah. Selain buah, membeli pakaian, sayuran, dan berbagai makanan khas Solo juga bisa kamu lakukan sekaligus di pasar ini.

3. Pasar Triwidu Solo

Kamu shopping holic dan lagi di Solo? 5 lokasi ini wajib dikunjungifoto: whiteboardjournal.com

Kalau pasar yang satu ini adalah pusatnya barang loak dan antik di Solo. Kalau kamu ingin membawa pulang barang antik sebagai kenang-kenangan khas Solo, datang saja ke tempat ini.

Pasar Triwidu menyediakan berbagai benda antik mulai dari topeng tua, wayang, alat musik dan koin. Pasar Triwidu terletak di Jalan Gatot Subroto, Banjarsari, Solo.

4. Pusat Grosir Solo (PGS)

Kamu shopping holic dan lagi di Solo? 5 lokasi ini wajib dikunjungifoto: pusatgrosirsolo.com

Terletak di pusat kota, Pusat Grosir Solo (PGS) sering  menjadi tujuan para pelancong untuk berbelanja. PGS terletak di Jalan Mayor Sunaryo Nomor 1 Gladag Solo. Lokasinya dekat dengan destinasi vital di Solo seperti Keraton Surakarta, Benteng Vastenburg, dan Kantor Wali Kota Solo.

Pusat perbelanjaan ini melayani kebutuhan fashion bagi pembeli dalam jumlah grosir maupun eceran. Selain pusat perdagangan, Pusat Grosir Solo juga menjadi tujuan utama bagi para wisatawan ketika mereka mencari oleh-oleh batik saat berkunjung ke Kota Solo.

5. Beteng Trade Center (BTC)

Kamu shopping holic dan lagi di Solo? 5 lokasi ini wajib dikunjungifoto: btcsolo.com

Satu lagi pusat grosir yang ada di Solo, yakni Beteng Trade Center (BTC). Dengan konsep sebagai pusat bisnis dan perdagangan tekstil, batik, pakaian jadi, sepatu maupun tas, BTC menjadi pusat belanja grosir dan eceran terlengkap dan terbesar di Kota Solo dan sekitarnya.

Letaknya yang berada di pusat kota, yakni di Jalan Mayor Sunaryo membuat BTC tak pernah sepi pengunjung. Terlebih letaknya yang berjajaran dengan PGS membuat banyak pelancong memilih berbelanja ke kawasan ini. Banyaknya kios di sini menjadi nilai lebih karena pengunjung bisa leluasa memilih barang yang diinginkan.