Brilio.net - Semakin kuno barang yang kita miliki tentunya memerlukan perawatan yang lebih khusus pula, seperti halnya sepeda ontel. Khususnya sepeda ontel yang telah berusia puluhan tahun. Merawat sepeda ontel sudah menjadi keharusan apalagi sepeda ontel tersebut rutin kita gunakan.

Kamu masih punya sepeda ontel? Begini 5 tips merawatnya

Salah seorang pedagang sepeda ontel bekas di Jogja, Waldi (76), berbagi tips kepada brilio.net bagaimana cara merawat sepeda lawas agar tetap lancar dan terjaga kondisinya. Simak deh!

1. Optimal dalam memberi pelumas

Terkadang hal ini terasa sepele, tapi perlakuan yang berbeda terhadap sepeda ontel dalam memberi pelumas lebih pada rantai, roda dan sebagainya harus dilakukan. Hal ini bertujuan agar terhindar dari karat, kering dan macet.

Loading...

2. Kontrol rem

Rem bisa jadi optimal jika selalu diperhatikan. Kerusakan biasanya kerap terjadi karena lupa mengontrol rem secara berkala. Untuk menggantinya dengan onderdil lawas sangat sulit karena sudah tak beredar. Contohnya, kampas rem tromol keluaran lawas, susah mendapatkannya saat ini.

3. Karatan? Jangan dikelupas secara kasar

Untuk menghindari karat pada bodi sepeda sebaiknya dicuci secara berkala. Kemudian kelupaslah karat sedikit demi sedikit dengan halus hingga tak terlihat besi rangkanya. Cara terakhir, bisa disemir atau dicat halus.

4. Cucilah sepeda dengan air yang bertekanan sedang

Karena produksi tahun lawas, sepeda ontel membutuhkan kehati-hatian dalam mencucinya, gunakan air tekanan sedang agar tidak merusak bagian-bagian yang rentan terkelupas.

5. Bersihkan rantai dan gear dari kotoran yang menempel

Kebersihan rantai dari debu dan kotoran perlu juga diperhatikan. Jalanan yang berdebu dan becek bisa menyebabkan rantai dan gear gampang kotor dan mengganggu perputaran roda.