Brilio.net - Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar kata vegetarian? Makanan serba sayur dan antidaging? Ya, mereka yang memilih menjalani pola hidup vegetarian memang memiliki tantangan tersendiri untuk tidak mengkomsumsi daging.

Dari segi ilmu kesehatan, pola hidup vegetarian tergolong sehat dengan asupan gizi yang cukup. Lalu bagaimana jika sebenarnya memilih vegetarian awalnya tidak berdasarkan keinginan hidup sehat melainkan rasa trauma?

Moch. Ircham Maulana (20) mengalami hal tersebut, dia menjalani vegetarian sejak duduk di bangku Taman Kanak-kanak. "Saya memilih vegetarian itu sejak TK, waktu itu selepas salat Idul Adha, saya disuruh Ibu untuk bergabung bersama teman-teman saya dan melihat proses penyembelihan sapi dan sejak itu saya merasa manusia sangat kejam," cerita Ircham Maulana kepada brilio.net, Kamis (1/10).

Trauma masa kecil itu membuat gitaris salah satu band rock ini kemudian memutuskan untuk tidak lagi mengkomsumsi daging dan hanya makan sayuran. Tidak mudah bagi Ircham untuk bertahan di lingkungan yang sebagian besar mengkomsumsi daging.

"Jadi tuh sering ngumpet-ngumpet kalau lagi ikut pencinta alam dan membawa makanan dari sayuran, belum lagi kalau ke kondangan acara kumpul-kumpul biasanya malah bilang alergi sapi atau daging demi menghindari mengkomsumsinya," lanjut Ircham.

Loading...

Ircham, rocker yang jadi vegetarian gara-gara lihat sapi disembelih

Gara-gara Trauma. Ircham kini punya pola hidup sehat.

Siapa sangka, lelaki yang bekerja di Direktorat Jenderal Pajak ini tetap disiplin menjalani vegetarian dengan berbagai tantangan yang dihadapinya. Dia berhasil membuat pola hidup yang sehat dan menghadapi lingkungannya yang hampir seluruhnya bukanlah vegetarian.

"Jadi selama saya vegetarian orang rumah pun sudah mulai ikut senang makan tempe, karena menyesuaikan dengan saya," ujar Ircham. Anak ketiga dari tiga bersaudara ini mengaku keluarga dan rekannya bisa memahami dengan pola makannya. Mereka akan menyediakan menu vegetarian saaat makan bersama atau memesan makanan.

"Selain keluarga pacar pun menjadi lebih mengerti dengan kondisi saya, kalau kita makan biasanya kita milih warung makan ada menu sayurnya, jadi saya pun tahu rasa pengertian pacar saya terhadap saya tinggi," tandas Ircham.

Nah, terbuktikan bahwa menjadi vegetarian bukanlah hal yang harus ditakuti. Pada kenyataannya keyakinan untuk memilih hidup sehat bisa dijalani. Meski awalnya alasan vegetarian karena trauma, namun siapa sangka kini Ircham memiliki pola hidup yang sehat.

Cerita ini disampaikan oleh Ircham Maulana melalui telepon bebas pulsa Brilio.net di nomor 08001555999. Kamu tentu juga punya cerita menarik untuk dibagikan kepada kami. Telepon kami, bagikan ceritamu.