Brilio.net - Seperti janjinya saat meluncurkan produk iPhone terbaru, iPhone 6S, di Bill Graham Civic Auditorium, San Fransisco, California, Amerika Serikat, Rabu (9/9) lalu, Apple akhirnya menepati janjinya untuk merilis upgrade dari IOS 8, IOS 9, pada Rabu (16/9) waktu setempat.

IOS 9 saat ini telah bisa dicicipi oleh semua pengguna IOS yang ada di seluruh dunia. IOS 9 bahkan diklaim oleh Apple sebagai satu-satunya sistem operasi yang efisien, pintar dan tahan lama. Nggak heran, hal ini disebabkan karena walaupun memiliki fitur canggih yang seabrek-abrek, besaran ukurannya hanya berkisar satu giga, jauh lebih kecil ketika meluncurkan IOS 8, pengguna membutuhkan ruang update yang sangat besar, yaitu sekitar 4,58 GB.

Lalu apa saja perubahan yang dibawa oleh IOS 9? Seperti dikutip brilio.net dari laman Apple Insider, Kamis (17/9), sistem operasi paling baru bagi IOS device ini menyediakan beragam fitur baru yang canggih. Seperti misalnya, fitur multitasking untuk pengguna iPad yang dapat menampilkan dua aplikasi bersisian di layar. Selain itu, ada juga fitur Slide Over, di mana pengguna bisa membuka aplikasi lain tanpa perlu menutup aplikasi sebelumnya. Seakan nggak mau kalau, dari segi kamera pun mendapatkan penambahan fitur, seperti fitur baru Picture in Picture yang memungkinkan kamu untuk memutar video ukuran kecil dalam sebuah aplikasi yang sedang dibuka.

Nggak cukup sampai di situ, fitur Siri pun menjadi lebih aktif di IOS 9. Kamu bisa menggunakannya untuk mencari aplikasi sekaligus melihat aplikasi lain dan kontak yang telah dihubungi atau dipakai sebelumnya. Siri bahkan bisa mengatur jadwal atau pengingat di kalender dengan menggunakan informasi tanggal yang ada di email, seperti jadwal penerbangan atau pertemuan. Ada juga penggantian nama aplikasi Newsstand menjadi News dengan beberapa konten tambahan. Informasi transportasi juga disematkan pada fitur Maps. Kamu juga bisa melihat tambahan fitur baru, Wallet, untuk mendukung Apple Pay.

Sistem operasi IOS 9 juga disebut-sebut lebih efisien terhadap penggunaan baterai, yang selama ini menjadi momok paling menyebalkan bagi Apple fanboy. Dengan mengupdate perangkat Applemu ke IOS 9, kamu akan mendapatkan pengaturan penggunaan daya yang lebih efisien, bahkan bisa menambah waktu siaga iPhonemu selama satu jam. Kalau masih kurang, ada fitur Low Power Mode untuk menghemat baterai sampai tiga jam.

Loading...

Wah, mesti upgrade IOS 9 sekarang nih!