Brilio.net - Kata 'OK' mungkin sudah sangat familiar terdengar di telinga kita. Kadang orang hanya cukup berkata 'OK' untuk menandakan sebuah persetujuan atau ketika kita menyanggupi sesuatu kepda lawan bicara.

Namun pernahkan terpikir dibenakmu, apakah arti dari 'OK'? Apakah 'OK' adalah sebuah singkatan? Walaupun hal ini terdengar sangat sepele namun ternyata ada sejarah dibaliknya, seperti yang dirangkum brilio.net dari history.com

Satu hal yang kita ketahui bahwa kata OK pertama kali berasal dari Amerika Serikat (AS). Kebanyakan orang menganggap kata 'OK' adalah singkatan dari Okay, padahal anggapan tersebut ternyata salah besar. 'OK' sendiri sebenarnya adalah sebuah singkatan dari 'Oll Korrect', mengapa bukan 'All Correct' bukankah itu adalah tulisan yang benar?

Jadi pada tahun 1839 di AS sedang tren bahasa plesetan atau bahasa gaul atau yang biasa disebut dengan bahasa slang. Pada tahun tersebut juga bermunculan bahasa baru seperti 'KY' untuk 'Know Yuse' bahasa slang dari 'Know Use', 'OW' untuk 'Oll Wright' plesetan dari 'All Right', dan masih banyak lagi. Namun yang masih bertahan digunakan hingga saat ini hanyalah 'OK'.

Selain itu pada tahun 1840, AS sedang mengadakan pemilihan umum presiden. Salah seorang kandidat presiden, Martin Van Buren dijuluki 'Old Kinderhook' (nama tempat kelahirannya di New York), dan para pendukungnya saat itu membentuk sebuah club bernama 'OK Club'.

Loading...

Kemudian hal ini sangat membantu untuk memopulerkan istilah 'OK' meskipun akhirnya Van Buren tidak terpilih kata ini bahkan abadi hingga saat ini.