Brilio.net - Pernah nggak pas buang air besar di toilet pesawat terus berpikir apa yang sebenarnya terjadi dengan kotoran kita setelah itu? Apakah ada lubang di bawah pesawat sehingga kotoran kita bisa keluar begitu saja ke udara? Intinya adalah bagaimana toilet pesawat bekerja terhadap kotoran manusia?

Perlu diketahui, seperti dilansir brilio.net dari metro.co.uk, Sabtu (19/3) apa yang dilakukan toilet pesawat terhadap kotoran kita sebenarnya cukup kompleks. Jadi sistem toilet pesawat melakukan kerjanya dengan mengandalkan alat penghisap yang cukup kuat, dimana katup akan terbuka bila rantai ditarik.

BACA JUGA: 4 Penjual bebek penyet ini ternyata kembar identik, bikin bingung ya?

Dengan begitu semua kotoran akan terhisap dari kotoran. Kotoran tersebut kemudian akan dilapisi dengan teflon untuk mencegah kotoran itu menempal pada pipa. Selanjutnya, limbah akan dipindahkan melalui pipa-pipa, sama seperti sistem toilet di rumah. Tapi dalam kasus ini akan disimpan dalam tangki-tangki yang ada di tubuh pesawat.

Ketika pesawat mendarat, mobil pengangkut limbah akan menempelkan selang penyedot khusus ke tangki yang berisi limbah pesawat itu. Nah, ketika semua limbah dan kotoran sudah dibersihkan, pesawat dapat mempersiapkan diri untuk penerbangan selanjutnya.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak video berikut ini nih: