Brilio.net - Setiap tahun, sebuah tim internasional ahli taksonomi dari Ilmu Lingkungan dan Kehutanan (Environmental Science and Forestry/ESF) SUNY dari Institut Internasional untuk Eksplorasi Spesies (International Institute for Species Exploration/IISE) memilih 10 spesies paling populer di antara sekitar 18.000 spesies tumbuhan maupun hewan temuan baru yang telah diberi nama selama setahun sebelumnya.

Pemilihan 10 spesies baru terpopuler ini dilakukan sejak 2008, dan dirilis setiap tanggal 23 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Carolus Linnaeus, bapak taksonomi modern.

Nah untuk tahun 2015 ini, tim tersebut telah mengumumkan 10 spesies populer, salah satunya adalah katak dari Indonesia.

Untuk pertama kalinya, para ilmuwan telah menemukan spesies katak yang melahirkan berudu hidup, bukan bertelur. Keunikan tersendiri dari katak Limnonectes larvaepartus ini adalah masuk kategori katak bertaring. Wah!

Sebagian terbesar spesies katak di dunia melakukan proses reproduksi secara fertilisasi eksternal atau pembuahan diluar (sel sperma dan sel telur bertemu di luar badan induknya). Namun ada sekelompok kecil yang telah berevolusi melalui pembuahan internal, yang berarti mereka bisa menelurkan telur-telur yang telah dibuahi, atau kadang-kadang melahirkan bayi katak. Tapi katak bertaring yang baru ditemukan ini melakukan sesuatu yang sama sekali berbeda.

Sekitar 6.455 spesies katak di dunia membuahi telurnya di dalam rahim katak betina, kecuali 12 spesies katak di antaranya, termasuk katak L. larvaepartus ini, yang membuahi telurnya di luar alias melahirkan.

Ini spesies katak baru dari Tanah Air yang nge-hits di 2015, keren!

Katak Limnonectes larvaepartus jantan (kiri) dan betina (kanan) di habitatnya di Gorontalo, Sulawesi.

Spesies dengan ukuaran sekitar 40 mm, ditemukan di Gorontalo, Sulawesi yang belum dieksplorasi jenis katak sepenuhnya untuk. Katak yang hidup hutan alam, sering ditemukan bersamaan 1-5 spesies katak dari genus yang sama. Katak ini ditemukan di atas serasah daun, rerumputan dan substrat berbatu di sungai yang mengalir.

Ini spesies katak baru dari Tanah Air yang nge-hits di 2015, keren!

Katak Limnonectes larvaepartus jantan memanggil katak betina di sebuah kolam di Gorontalo, Sulawesi. Terdapat berudu katak sejenis di sebelah katak jantan tersebut.

Para ilmuwan masih belum mengetahui secara persis bagaimana katak jantan membuahi sel telur, karena katak tidak memiliki organ seksual yang dapat mereka gunakan untuk mentransfer sperma. Untuk mengatasi hal ini, beberapa spesies katak (tidak banyak) berevolusi dan berfertilisasi internal dengan ekor yang berfungsi seperti organ jantan untuk melakukan pembuahan. Tetapi spesies baru ini tampaknya memiliki struktur yang tidak biasa.

Menurut sejumlah sumber spesies ini pertama kali dilihat pada tahun 90-an. Tapi waktu itu para ilmuwan berpikir bahwa katak tersebut hanya merupakan subspesies dari spesies katak bertaring, yang termasuk genus Limnonectes. Taring mereka bukanlah benar-benar gigi taring, melainkan dua benjolan daging di bibir bawahnya yang mereka gunakan untuk memperebutkan pasangannya.

Namun, setelah mempelajari katak ini secara lebih teliti, barulah diketahui bahwa bahwa mereka memiliki strategi reproduksi yang benar-benar unik, dan merupakan spesies baru yang sama sekali berbeda. Keren ya aneka fauna yang ada di Indonesia dan masih banyak yang belum ditemukan. Hal ini sudah seharusnya menjadikan kita lebih arif dan bijaksana memikirkan keberadaan kita sebagai manusia.