Brilio.net - Kebahagiaan memang salah satu perasaan abstrak yang sulit untuk didefinisikan. Tahukah kamu bahwa selama bertahun-tahun para ilmuwan mencoba mendefinisikan rasa bahagia dan bagaimana seseorang bisa merasakannya, serta bagaimana cara membuat orang merasakan lebih banyak kebahagiaan dalam hidupnya.

Terlepas dari semua itu yang banyak orang ketahui adalah kebahagiaan itu dapat menular, jadi jika kita ingin bahagia mendekatlah pada seseorang yang sedang berbahagia.

Seperti yang dilansir pada sciencealert, Kamis (14/5), uang mungkin menjadi salah satu sumber kebahagiaan. Namun faktanya, punya banyak uang tidak semata-mata dapat membuat hidup seseorang semakin bahagia. Sebuah penelitian yang dikemukakan di sebuah jurnal Psychological Sciense menunjukkan bahwa uang yang digunakan untuk sebuah kegiatan (liburan) akan lebih bermanfaat daripada saat digunakan membeli barang.

Para peneliti saat ini mengungkapkan bahwa kebahagiaan bergantung pada apakah sebuah rencana berjalan baik atau buruk. Sementara, Robb Rutledge dan beberapa rekannya dari Max Planck University College London Centre for Computational Psychiatry and Ageing Research, membuat sebuah penelitian mengenai hubungan dari kebahagiaan dan reward.

Berdasarkan data, kamu mengembangkan sebuah persamaan matematika untuk memprediksi bagaimana kebahagiaan seseorang bergantung pada kejadian di masa lalu. Kami juga menemukan bahwa kebahagiaan bukan bergantung pada seberapa lancar rencana seseorang dapat berjalan, melainkan apakah rencana tersebut bisa berjalan lebih baik atau malah sebaliknya, jelas Rutledge.

Dan beginilah rumus matematika dari kebahagiaan yang mereka hasilkan:

Ini rumus matematika ala ilmuwan untuk mendefinisikan kebahagiaan

Sementara penjelasan dari rumus tersebut adalah sebagai berikut:

Kebahagiaan bergantung pada pilihan seseorang (CR, certain rewards), harapan yang dihubungkan dengan pilihan-pilihan berisiko (EV, expected value), dan apakah hasil dari pilihan yang penuh risiko itu adalah lebih baik atau lebih buruk dari harapan. Variabel akhir yang dinamakan reward prediction error (RPE), perbedaan antara harapan dan kenyataan.

Nah buat kamu yang selama ini merasa kurang bahagia, coba diteliti lagi deh apa yang salah. Dan yang pasti jangan lupa selalu bahagia!