Brilio.net - Kamu pasti sering menemui deretan huruf atau angka saat sedang mendaftar email ataupun media sosial? Kadang angka atau huruf yang kamu temui itu sedikit rumit sehingga membuatmu kesal dan ingin membanting komputer. Eitss jangan begitu ya, di balik kerumitannya tersebut tersimpan banyak manfaat.

Captcha (disebut cap-ch-uh) merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans apart. Captcha ini biasanya berupa deretan huruf dan angka yang harus kamu ketikkan ketika setelah selesai mengisi formulir email atau media sosial.

Captcha diciptakan oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hoper dan John Legend pada tahun 2000. Fungsinya untuk memastikan orang yang mengisi formulir adalah manusia bukan bot atau robot. Oleh karena itu captcha diciptakan dengan huruf dan angka yang bengkok-bengkok dan saling bertumpukan dengan tujuan mempersulit bot.

Selain fungsi di atas, captcha juga berguna untuk mencegah spam dalam website yang dapat mengganggu penampilan. Captha juga berfungsi melindungi dari flood yang berarti mengirim data secara berulang-ulang. Nah sudah tahu kan fungsi captcha? Yuk isi captcha kalian biar tidak dicap bot.