Brilio.net - Seperti yang kita tahu bahwa penyakit meningitis memiliki beberapa tipe yang terbagi berdasarkan penyebabnya. Otomatis proses penanganannya pun tak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan jenis meningitis yang sedang diderita seseorang.

Berikut adalah cara-cara efektif menangani meningitis berdasarkan jenisnya, seperti dilansir brilio.net dari mayoclinic.org., Sabtu (28/3):

1. Bacterial meningitis (disebabkan bakteri)
Saat seseorang didiagnosa menderita meningitis yang disebabkan oleh bakteri, ada baiknya langsung dirawat di rumah sakit. Pengobatan lain yang harus dilakukan adalah dengan memberikan antibiotik. Penanganan harus dilakukan dengan sigap agar mencegah terjadinya kerusakan otak dan juga kematian. Untuk antibiotik yang diberikan pun biasanya akan dipilih berdasarkan jenis bakteria pada tubuh si penderita.

2. Viral meningitis (disebabkan virus)
Untuk jenis meningitis yang disebabkan oleh virus, penanganannya akan lebih serius karena antibiotik sudah tidak mempan lagi untuk diberikan. Beberapa jenis perawatan yang harus dilakukan adalah istirahat total atau bedrest, konsumsi banyak cairan, mengonsumsi obat untuk menurunkan demam dan meredakan rasa sakit pada tubuh.

3. Fungal meningitis (disebabkan jamur)
Untuk meningitis yang disebabkan oleh jamur, salah satu jenis penanganan yang ada baiknya dilakukan adalah dengan memberikan pengobatan anti jamur. Namun para ahli menyebutkan bahwa jenis pengobatan ini juga memiliki efek samping, oleh karena itu hal ini baru bisa dilakukan jika dokter sudah benar-benar memastikan bahwa penyebabnya adalah jamur.