Brilio.net - Fenomena alam gerhana bulan total akan mulai terjadi sore ini untuk wilayah Indonesia barat. Tepatnya, terjadi mulai pukul 17.16 hingga 20.45 WIB.

"Tepatnya, puncak gerhana bulan total atau blood moon ini akan terjadi saat maghrib," ujar Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, Jumat (3/4). Tapi, lanjut ia, apa yang terjadi di Indonesia wilayah barat berbeda dengan yang terjadi di wilayah Indonesia Tengah maupun Timur.

Apakah kalian tahu fase-fasenya?

Karena bumi berada di tengah-tengah secara proporsional, ia menghalangi pancaran cahaya matahari yang seharusnya jatuh ke permukaan sisi dekat bulan yang normalnya menghasilkan bulan purnama. Halangan itu menciptakan dua jenis bayangan, yakni bayangan tambahan/samar (penumbra) dan bayangan inti (umbra).

Saat gerakan bulan membuatnya memasuki zona bayangan samar, maka fase penumbra pun terjadi. Fase ini ditandai dengan sedikit berkurangnya cahaya matahari yang jatuh ke bulan sehingga Bulan akan sedikit meredup.

Loading...

Dalam fase penumbra amat sulit untuk bisa mendeteksi sedikit meredupnya bulan secara kasat mata, kecuali jika kita dibantu dengan instrumen perekam yang memadai. Selanjutnya saat gerakan bulan membawanya kian jauh hingga memasuki zona bayangan inti, maka fase umbra terjadilah.

Dalam fase umbra, jumlah cahaya matahari yang mengenai permukaan bulan berkurang cukup signifikan. Sehingga bulan yang seharusnya sedang bulat bundar penuh dalam fase purnamanya secara berangsur-angsur akan menggelap sebagian hingga menjadi seperti bulan sabit.

Dalam puncak fase umbra dimungkinkan bulan akan benar-benar kehilangan hampir seluruh cahaya matahari yang harusnya mengenainya akibat terblokir cakram bumi. Situasi tersebut dinamakan fase totalitas.

Berdasarkan sejauh apa fase penumbra dan umbra dilalui, maka ada tiga macam Gerhana Bulan. Gerhana yang pertama adalah yang terpopuler, yakni Gerhana Bulan Total (GBT). Dalam gerhana ini bulan akan mengalami tiga fase gerhana, yakni fase penumbra, umbra dan totalitas. Gerhana yang kedua adalah gerhana yang tak kalah populernya, yakni Gerhana Bulan Sebagian (GBS). Dalam gerhana ini Bulan akan mengalami dua fase gerhana saja, yakni fase penumbra dan umbra. Gerhana yang ketiga adalah yang paling tidak populer dan kerap diabaikan, yakni Gerhana Bulan (GBP). Karena pada gerhana ini bulan hanya akan mengalami satu fase gerhana saja, yakni fase penumbra.

BACA JUGA:

Ini 19 lokasi untuk kamu mengamati gerhana bulan total malam ini

4 Artis ini meninggal dunia di hari Jumat