Brilio.net - Kamis, 14 Januari 2016, sekitar pukul 10.45 WIB masyarakat Indonesia dikejutkan dengan adanya ledakan bom yang terjadi di pos polisi Jalan HM Thamrin, Jakarta Pusat. Penyerangan itu menyebabkan ketegangan. Pihak berwajib pun melakukan penjagaan ketat di lokasi kejadian.

Penyerangan terhadap pos polisi bukan pertama kalinya terjadi. Selama ini terdapat beberapa kasus teror yang menjadikan pos polisi sebagai pusat aksi teror oleh kelompok bersenjata. Berikut adalah daftar penyerangan teror terhadap polisi yang pernah terjadi di Indonesia yang telah dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (14/1). BACA JUGA: Presiden Jokowi: Indonesia tak boleh takut & kalah oleh aksi teror
 
1. Serangan Polsek Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara
Penyerangan yang terjadi di Polsek Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara, terjadi pada tanggal 22 September 2010 dan dikabarkan tiga anggota polisi tewas dalam kejadian tersebut.

2. Pos Polisi Sumber Aretha, Bekasi
Penyerangan pos polisi Sumber Aretha terjadi pada tanggal 30 September 2010 dilingkungan pasar Sumber Aretha, Jalan Raya Kalimatang, Bekasi. Dilaporkan tidak ada korban jiwa tapi beberapa polisi mengalami luka tembak dari sekelompok bersenjata yang tidak dikenal.

3. Pemboman markas Kepolisian Resor Kota Cirebon, Jawa Barat.
Penyerangan markas Kepolisian Resor Kota Cirebon, Jawa Barat, terjadi pada 15 April 2011 dan menyebabkan berbagai polisi mengalami luka-luka termasuk Kapolres Cirebon AKBP Heru Sukoco yang dilarikan ke rumah sakit.

4. Pelemparan granat dan penembakan pos polisi pengamanan Lebaran, Gemblengan, Solo, Jawa Tengah
Pada 18 Agustus 2012 sekelompok orang yang tidak dikenal melemparkan granat dan menyebabkan dua orang polisi yang sedang berjaga untuk lalu lintas mudik mengalami luka parah. Selain itu juga terjadi penembakan terhadap polisi di pos polisi di dekat puat perbelanjaan.

5. Pos Brimob Polda, Sulawesi Tengah.
Empat anggota Brimob tewas dalam penyerangan pos Brimob Polda, Sulawesi Tengah, pada hari Kamis 20 Desember 2012. Penyerangan dilakukan oleh sekolompok orang bersenjata yang tidak diketahui asal usulnya.

6. Pos Polisi, Kasintuwu, Kecamatan Kota Poso Utara.
Senin pagi, 22 Desember 2012 dua bom rakitan meledak di pos Polisi, Kasintuwu, Kecamatan Kota Poso Utara. Dua orang polisi dan seorang warga mengalami luka parah karena serangan bom tersebut.

7. Polres Poso, Sulawesi Utara
Serangan bom bunuh diri terjadi di Polres Poso, Sulawesi Utara pada tanggal 3 Juni 2013 dan menewaskan korban bom bunuh diri serta beberapa orang polisi mengalami luka parah.

8. Pos Polisi MH Thamrin-Sarinah
Peristiwa penyerangan bom selanjutnya terjadi hari ini Kamis, 14 Januari 2016, di pos polisi yang berada di perempatan MT Thamrin-Sarinah. Dikabarkan tiga polisi tewas karena kejadian tersebut.