Brilio.net - Setiap orang pasti mempunyai hobi tersendiri, entah itu hobi yang sepele maupun hobi yang harus merogoh kocek cukup dalam. Tak jarang bagi mereka yang sudah mendarah daging dengan hobinya bisa rela melakukan apa saja demi menuruti hasratnya itu.

Tak melulu hanya untuk menyalurkan hasrat dan memberikan kenyamanan, ternyata hobi jika ditekuni bisa menjadi sumber rezeki yang gendutkan rekeningmu. Nah, berikut lima hobi yang sepertinya sepele tapi bisa menghasilkan rezeki buatmu!

1. Pendaki gunung

Hobi-hobi sepele yang justru bisa 'gendutkan' rekeningmu

Mendaki gunung memang tak bisa dilakukan sesering pergi ke pantai. Peralatan yang dibutuhkan untuk mendaki pun tak sedikit dan berbiaya mahal. Maka, menyewakan peralatan yang dimiliki bisa jadi ide yang bagus.

Loading...

M Alfan Miftahuddin (24), mahasiswa Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu yang telah membuktikannya. Hobinya mendaki gunung bersama teman-temannya yang berstatus sebagai santri kini bisa menghasilkan uang. Peralatan mendaki yang dimiliki anggota Santri Pecinta Alam (Sapala) dikumpulkan untuk disewakan.

Usahanya dengan nama Sapala Adventure itu pun cukup sukses. Saat musim pendakian, usaha Alfan bisa meraup omzet antara Rp 3 juta-Rp 5 juta tiap bulannya.

2. Blogger

Hobi-hobi sepele yang justru bisa 'gendutkan' rekeningmu

Ngeblog menjadi salah satu cara untuk menyalurkan minat menulis. Tak hanya sebagai media curhat, blogging juga bisa kamu jadikan penopang hidup.

Tri Wahyu Budi Utomo (22), mahasiswa STMIK Amikom awalnya hanya iseng menyalurkan hobinya ngeblog. Setelah tahu jika aktivitas yang ia lakukan bisa menghasilkan uang, ia mulai belajar tentang Google AdSense. Penghasilan pertamanya saat duduk di kelas XII SMA adalah Rp 1,3 juta.

Begitu melihat potensi yang menjanjikan, ia pun menekuni aktivitas menulis dan ngeblog. Dari situ Wahyu bisa membiayai kuliahnya sendiri. Dalam sebulan, uang yang masuk ke rekeningnya antara Rp 1 juta-Rp 9 juta. Pendapatan terbesar Rp 60 juta ia raih saat menjual web yang telah ia kelola. Dari ngeblog, ia bahkan bisa memebeli truk untuk usaha keluarganya di rumah.

3. Ngegame

Hobi-hobi sepele yang justru bisa 'gendutkan' rekeningmu

Bagi mereka yang tak suka, mengisi waktu luang dengan bermain game adalah hal yang sia-sia. Tapi tidak bagi para penggila game. Tak jarang, ketertarikan mereka terhadap game bisa dikembangkan menjadi profesi sebagai pembuat game atau game developer.

Rico Lemba, programmer dan game developer dari Stella Null Jogja bercerita jika profesi yang berawal dari game tak bisa diremehkan. Satu game yang sudah dipublish di GooglePlay dan Appstore bisa sampai menembus nominal USD 10.000. Rico sendiri merupakan kreator dari puzzle game berjudul "Layer" yang berhasil menembus 10 besar game genre puzzle di iOS Appstore.

4. Quiz Hunter

Hobi-hobi sepele yang justru bisa 'gendutkan' rekeningmu

Hobi yang satu ini memang sedikit asing. Tapi ternyata banyak juga yang menekuni. Quiz Hunter atau Quter merupakan istilah untuk menyebut mereka yang suka berburu kuis. Kebanyakan orang mengikuti kuis hanya sekedar iseng. Padahal jika diseriusi bisa sangat menguntungkan dan menghasilkan.

Kepada brilio.net, Arina Zulfa Arifah yang telah serius menekuni dunia perkuisan ini mengungkapkan jika Quter harus aktif mencari informasi kuis dari berbagai media. Selain hadiah berupa uang, Quter juga berkesempatan mendapatkan hadiah berupa barang dan jasa, tergantung iming-iming hadiah yang diikuti.

Nah, itulah beberapa contoh hasil ketekunan mengembangkan hobi. Nggak bohong deh jika hobi yang ditekuni bisa berubah menjadi pundi-pundi uang yang menjanjikan. So, coba deteksi hobimu dan tekuni!