Brilio.net - 22 pembalap telah menyelesaikan sesi kualifikasi GP Australia di Albert Park, Melbourne, Sabtu, (19/3). Dari 22 pembalap tersebut, pembalap Mercedes Lewis Hamilton berhasil menempati posisi pertama disusul Nico Rosberg diurutan kedua dan Sebastian Vettel diurutan ketiga.

Sementara jagoan Indonesia, Rio Haryanto harus puas memulai debut balapnya dari posisi 21. Lebih baik satu tingkat dari pembalap utama Manor Racing, Pascal Wehrlein, yang berada di posisi 22.

Seperti brilio.net kutip dari situs resmi Formula 1, Sabtu (19/3), total Rio mencatat waktu 1 menit  29,627 detik. 6 detik lebih lambat dari Lewis Hamilton yang menempati posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit  23,837 detik.

Kualifikasi F1 musim ini memang dibuat menjadi lebih ketat dari musim sebelumnya. Dimana kualifikasi pertama berlangsung selama 16 menit. Setelah 7 menit akan tereliminasi tujuh pembalap.

Tersisa 15 pembalap melaju ke kualifikasi kedua. Pada kualifikasi kedua dengan durasi 15 menit, prosesnya sama seperti kualifikasi pertama. Eliminasi dimulai setelah 6 menit, menyingkirkan tujuh pembalap paling lambat.

Loading...

Sisa 8 pembalap melaju ke kualifikasi ketiga, dengan durasi 14 menit. Eliminasi dilakukan setelah 5 menit. Setiap 1,5 menit berikutnya, pembalap paling lambat dieliminasi sampai bendera finish dikibarkan.