Brilio.net - Durian, buah dengan kulit berduri tajam itu bisa dikatakan sebagai buah yang kontroversial. Maksudnya ada dua pihak yang saling bertentangan tentang buah musiman ini. Ya, ada pihak yang menggemari buah durian, karena bau dan cita rasanya yang nikmat. Di sisi lain ada kelompok yang benci dengan bau dan rasa durian.`

Berbicara tentang durian, nama durian Kaligesing tentu menjadi salah satu jenis durian yang paling dicari. Mempunyai cita rasa dan tekstur yang khas, durian yang berasal dari Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah itu selalu jadi buruan para pecinta durian dari berbagai daerah, tak hanya di daerah Purworejo saja tapi juga warga luar kota.

Gemari durian Kaligesing, peserta lomba makan durian membludak

Bukti itu terpapar jelas ketika Pemerintah Desa Kaligono menggelar lomba makan durian Kaligesing di halaman Kantor Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Purworejo pada Minggu (31/1) lalu. Di luar dugaan, animo peserta yang ditarget hanya 200 orang ternyata yang mendaftar lebih dari 400 orang. Tak hanya warga Purworejo, banyak peserta yang datang dari luar daerah, bahkan luar pulau.

"Animo peserta luar biasa, yang tadinya peserta ditarget 200 orang, melihat banyaknya yang daftar kita naikkan jadi 400 orang. Orang Jogja, Semarang, Jakarta, bahkan Riau banyak yang ikut," terang Agung, sekretaris acara tersebut kepada brilio.net.

Loading...

Gemari durian Kaligesing, peserta lomba makan durian membludak

Melihat suksesnya acara yang rencana awalnya untuk memperkenalkan potensi pertanian dan pesona wisata Desa Kaligono, Panitia berencana untuk rutin menggelar acara lomba makan durian setiap tahunnya.

"Rencananya memang kita akan menggelar acara serupa tiap tahun, tapi juga terkait hasil panen duriannya juga karena tidak pasti panen besar tiap tahun. Sebagai informasi, tahun ini kita menyediakan sekitar 2000 buah durian yang semuanya berasal dari Desa Kaligono. Semisalnya tidak bisa setiap tahun ya dua tahun sekali," imbuhnya.

Sementara Wawan (27), salah satu peserta lomba dari Jogja, sangat mendukung rencana tentang diadakannya lomba makan duren setiap tahun. Menurutnya, selain sebagai ajang promosi wisata, ajang semacam itu juga bisa memuaskan hasrat dan rasa penasaran para pecinta durian akan durian Kaligesing.

"Wah kalau diadakan setiap tahun jelas setuju sekali. Durian Kaligesing punya ciri khas. Tadi juga banyak yang penasaran dengan rasa durian Kaligesing ini, jadi saya mendukung diadakan tiap tahun," tegasnya.

Jadi buat pecinta durian yang belum sempat ikut lomba tahun ini, berdoa saja semoga panen durian tahun depan melimpah, biar kamu bisa ikutan.