Brilio.net - Saat membeli udang di pasar tentunya orang akan memilih udang yang gemuk-gemuk dengan alasan dagingnya yang banyak. Namun kamu harus hati-hati, udang yang besar belum tentu memiliki isi yang banyak, bisa jadi berisi gelatin yang disuntikkan ke dalam udang biar terlihat lebih gemuk.

Hal ini terjadi pada seorang pria di China. Baru-baru ini dia melaporkan bahwa menemukan udang yang dibelinya di pasar berisi gelatin. Dilansir dari Shanghaiist, Kamis (20/8), kala itu dia sedang mengupas udang segar yang baru dibeli dari pasar dekat rumahnya. Tiba-tiba saja keluar sesuatu mirip jelly dari dalam udang yang dikenal dengan nama gelatin.

Geger, ada udang disuntik gelatin biar terlihat lebih gemuk

Geger, ada udang disuntik gelatin biar terlihat lebih gemuk

Menurut para peneliti, ada dugaan para penjual menyuntikkan gelatin ke tubuh udang agar terlihat lebih lebih besar 20 hingga 30 persen. Peristiwa ini tentunya mengundang kecemasan di kalangan netizen China. Banyak yang kemudian mendesak dinas kesehatan untuk melakukan sidak ke berbagai pasar.

Loading...

Gelatin sendiri merupakan zat kimia padat yang tidak berwarna, kenyal dan berasal dari tulang sapi atau babi. Gelatin sendiri sebenarnya aman di industri pangan namun tetap saja tidak bisa digunakan secara sembarangan tanpa penelitian terlebih dulu, apalagi dengan tujuan membuat bahan pangan terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya.