Brilio.net - Tragedi pengeboman dan penembakan di enam tempat di Paris Jumat (13/11) lalu mencuri perhatian dunia. Tidak sedikit orang yang menyampaikan simpatinya di media sosial. Termasuk juga Facebook.

Media sosial terbesar ini menyediakan perangkat bagi penggunanya agar bisa mengganti foto profil mereka. Secara otomatis foto profil akan berubah sesuai dengan warna bendera Prancis biru, putih, dan merah.

Banyak pengguna Facebook pun sudah mengganti foto profil mereka dengan tema bendera Prancis. Ada banyak alasan mereka memasang profil picture tersebut, salah satu alasannya sebagai bentuk solidaritas dan dukungan terhadap para korban.

Kendati demikian, aplikasi tersebut mengundang kontroversi karena dianggap diskriminatif. Pasalnya ada banyak kejadian lain di dunia namun dianggap tidak mendapat perhatian seperti kejadian di Paris.  

Seorang pengguna Facebook menulis status,"Sama Prancis berani menyatakan simpati agar disebut toleran dan liberal, keren katanya. Tapi sama Palestina malu menyatakan simpati".

Loading...

Filter bendera Prancis di Facebook tuai kontroversi, kamu pilih mana?

Pengguna Facebook lainnya yang memilih netral menuliskan status,"Saya sengaja tidak memasang foto profil bendera Prancis, karena simpati saya tidak hanya untuk Prancis saja, tetapi juga untuk Palestina, Syria, Iraq,dan lain-lain".

Bahkan ada yang menuliskan tanggapan mengganti profil picture karena iseng."Rame ya komen ama tanggapan soal filter profile picture bendera Perancis. To be honest, most of the people use it paling karena iseng. efek #‎prayforparis mah cuma bonus ngikut karena yg lagi rame itu".

Nah, kalau kamu kira-kira pilih yang mana?