Brilio.net - Sarung, lumrah digunakan banyak masyarakat di Indonesia sebagai busana untuk menunaikan ibadah shalat. Namun, tidak sedikit yang menggunakannya di kala santai maupun melakukan kegiatan, saking budaya bersarung sudah sangat jamak dilakukan kapan pun. Hal itulah yang juga terlihat dari sosok pemimpin Indonesia kali ini, Joko Widodo yang sering terlihat bersarung di beberapa momen tertentu yang terekam oleh kamera.

Presiden Jokowi layaknya masyarakat pada umumnya, menggunakan sarung untuk sekadar bersantai atau datang ke acara resmi.

Empat momen keren saat Jokowi memakai sarung, tampil sederhana

Pertama, saat datang dalam pembukaan Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama (NU) di Jombang, Jawa Timur pada Agustus 2015 silam. Hal itu tentu menarik perhatian para awak media dan netizen dunia maya tentunya. Muktamar NU kala itu didatangi oleh sejumlah ketua umum partai politik, hingga sejumlah menteri Kabinet Kerja Jokowi.

Empat momen keren saat Jokowi memakai sarung, tampil sederhana

Edisi memakai sarung yang kedua saat berada di Raja Ampat. "Fajar perdana 2016 di dermaga Waiwo, Raja Ampat, tempat terbaik di dunia untuk snorkeling," tulis Jokowi di bawah foto yang diunggahnya. Duduk santai sambil memandangi indahnya matahari terbit, Jokowi kala itu menggunakan setelan kemeja putih lengan panjang dan kain sarung cokelat, tampak sangat sederhana sebagai orang nomor satu di Indonesia.

Lain halnya dengan momen ketiga, di mana Jokowi dengan santainya memberikan makan ikan di sebuah kolam yang penuh dengan ikan. "Hiburan pagi memberi makan ikan di kolam dan sungai," tulis Jokowi di lama twitter resminya, Rabu (24/2). Tampak ia menggunakan kemeja putih dan sarung kotak-kota berwarna abu-abu.

Empat momen keren saat Jokowi memakai sarung, tampil sederhana

Momen keempat yaitu saat kemarin, Rabu (9/3) Gerhana Matahari Total (GMT) yang melintasi sebagian daerah di Indonesia menarik perhatian masyarakat lokal hingga dunia. Fenomena mengagumkan itu tentu tak luput dari perhatian Jokowi. "Menyaksikan gerhana matahari total dari Istana Bogor. Inilah tanda-tanda kekuasaan Allah, kebesaran Allah," tulisnya dalam akun Twitter resmi @jokowi, Rabu (9/3).

Empat momen keren saat Jokowi memakai sarung, tampil sederhana

Nah, uniknya juga Jokowi mengunggah foto dirinya yang berdiri di depan Istana Bogor saat akan menyaksikan gerhana matahari. Ia terlihat santai mengenakan kemeja berwarna putih dan kain sarung bermotif kotak-kotak. Pujian dari netizen pun datang mengalir dengan kesederhanaan mantan gubernur Jakarta ini.