Brilio.net - Tidak ada yang meragukan kekayaan biota laut Indonesia. Sangat kaya. Bahkan, di antara ratusan jenis ikan, ada jenis ikan langka yang oleh para peneliti pernah diperkirakan sudah punah 60 juta tahun silam. Ikan Coelacanth (Latimeria menadoensis), namanya.

Coelacanth dianggap sudah punah oleh dunia sains sejak jutaan tahun lalu. Namun pada tahun 1938, ikan tersebut tiba-tiba ditemukan di perairan Afrika Selatan dan Indonesia.

Orang Indonesia menyebutnya dengan ikan kerapu minyak. Ikan ini hidup di perairan Sulawesi. Namun mereka tidak mengetahui jika jenis ikan tersebut merupakan jenis ikan langka. Ikan kerapu minyak memiliki bentuk yang cukup besar seperti ikan louhan dengan tambahan 4 sirip menyerupai kaki amfibi.

Ilmuwan, Mark Erdman dan istrinya dari University of California yang pertama kali menemukan jenis ikan ini di Indonesia pada tahun 1997. Penemuan ini juga tidak sengaja, mereka melihatnya justru di pasar ikan Manado. Penjualnya tidak mengerti kalau ikan yang dia jual merupakan jenis yang langka.

Berdasarkan penelitian yang diadakan oleh LIPI, diperoleh data bahwa ikan Coelacanth ini mendiami perairan Talise di Sulawesi Utara dan perairan biak di Papua. Mereka hidup di kedalaman 150 meter di bawah permukaan laut dengan suhu antara 14-18 derajat celcius. Habitatnya berada di sekitar gua bebatuan di dasar laut.

Loading...

BACA JUGA:

Orang ini berencana transplantasi kepala utuh pertama di dunia!

Ini penjelasan ilmiah Mario bisa bertahan di roda pesawat selama 1 jam