Brilio.net - Pengalaman sebagai Diajeng Jogja memberikan kesan tersendiri bagi Meika Hazim. Kekayaan akan budaya Nusantara membuat wanita cantik ini tergerak untuk memadukannya dengan cokelat sehingga terbentuk sebuah gerai bernama 'Cokelat nDalem' yang terletak di Jalan Bhayangkara Jogjakarta.

Cokelat nDalem ini didirikan Meika bersama suaminya, Wednes Yudha, pada tahun 2013. Suami Meika kebetulan insinyur Teknologi Pangan sehingga dalam perkembangannya cukup membantu dalam urusan produksi. Meika mengaku memilih cokelat sebagai produk bisnisnya karena Indonesia sendiri sebagai penghasil kakao terbesar 3 besar di dunia. Selain itu cokelat besutan Meika ini memiliki ciri khas tersendiri.

Kita memiliki 18 varian rasa dengan pengemasan cerita budaya Indonesia. Jadi di balik kemasannya ada cerita seperti tentang gatotkaca, batik, wisanggeni dan lain-lain, ungkap Meika kepada brilio.net, Senin (18/5).

Dalam setiap harinya, Diajeng Jogja tahun 2005 ini memproduksi sekitar 15 kilogram coklat yang bisa dikemas menjadi sekitar 175 pack. Selain dijual di gerai, Cokelat nDalem ini telah dijual di berbagai swalayan besar, hotel dan online.

Kita mendapat banyak bantuan dari pemerintah untuk pengembangan usaha ini seperti pameran ke berbagai kota dalam negeri dan luar negeri. Dari situ juga kita bisa terhubung dan mempromosikan cokelat kita ke dalam swalayan besar, lanjut wanita kelahiran 1982 ini.

Dalam sebulan, Meika dan suami bisa mengantongi omzet sekitar Rp 40 juta / bulan dari bisnis cokelat ini. Ke depannya Meika ingin mengembangkan cokelat dengan rasa lain seperti buah-buahan dengan target penjualan anak-anak.