Brilio.net - Beredar foto viral tentang rombongan siswa SD yang berada di dalam sebuah gerbong kereta jurusan Jakarta-Malang, Kamis (12/11). Aksi mereka menuai pujian netizen dan dibagikan lebih dari 1000 pengguna Facebook.

Kenapa ya bisa seperti itu? Ini lho alasannya.

Menurut Mahmud Yunus, orang yang menjadi saksi mata sekaligus yang mengunggah foto aksi bocah SD ini, lantaran memberikan pelajaran hidup kepada orang dewasa. Anak-anak ini begitu khusuk beribadah meski di dalam kereta api.

"Saya berasa di tabok realita waktu segerbong sama mayoritas anak-anak SD di Jakarta yang lagi mau jambore nasional di Coban Rondo. Terharu banget lihat mereka yang tiap masuk jam shalat pada ke kamar mandi dan wudhu dulu sebelum kemudian shalat sambil duduk. Nggak ada perintah dari guru atau pembimbing lho, bener-bener kesadaran sendiri. Mana abis shalat bukan yang udah gitu aja, mereka ngangkat tangan, berdoa dengan khusuk masing-masing," tulisnya kagum.

Tak hanya itu, sehabis shalat dan berdoa, mereka juga membaca Alquran. Hal itu membuat Yunus merasa kalah motivasi dalam soal beribadah dengan anak-anak SD itu.

"Nggak lama ada satu anak ngeluarin Quran dan ngaji dengan suara yang bagus, dan ngajinya lama. Karena kebetulan saya satu baris jadi bisa ngedenger (terharu). Nggak begitu lama saya lihat ada beberapa lainnya juga ngebaca Quran," lanjut dia.

Yunus menyatakan kelakuan terpuji para anak SD tersebut seperti menyindir orang dewasa yang lebih asyik mendengarkan musik  dan bermain game lewat telepon seluler ketika berada di kereta api.

"Rasanya kayak dikasih suguhan buat introspeksi diri, malu karena lebih besar dari segi usia tapi semangatnya masih kalah sama anak SD. Kebanyakan orang dewasa suka ngaku nggak sempet, kebanyakaan kerjaan, ntaran aja, masih sumpek deadline. Semoga nantinya diberi keturunan seperti adek itu, yang menjaga istiqomahnya dimana pun," tutupnya.