Brilio.net - Bermula dari tugas kuliah tentang kewirausahaan, Suyud Ahmad Sahal (23) tampaknya sudah benar-benar jatuh hati dengan namanya bisnis. Berkat usaha produksi aneka boneka, dia kini mengantongi untung hingga Rp 20 juta per bulan.

Lulusan STMIK AMIKOM Yogyakarta tahun 2015 ini awalnya memang tidak menyangka kalau tugas kuliah yang diberikan oleh dosennya akan memberi jalan bagi dirinya untuk terjun ke dunia bisnis. Melihat potensi dan peluangnya yang sangat menjanjikan, pemuda kelahiran Pati tersebut serius menggarap usahanya.

"Awalnya saya jualin produk orang lain. Saya upload secara online," kenang Suyud saat ditemui brilio.net, Minggu (22/3).

Karena respons pasar terhadap produknya ternyata sangat luar biasa, dia akhirnya memutuskan untuk membuka usaha sendiri, yaitu industri pembuatan boneka. Suyud mengaku kebanjiran order sampai kewalahan. Bahkan, ia sampai pontang-panting mencari penjahit untuk menggarap boneka pesanan.

"Saya memulai usaha pertengahan 2013 setelah resign kerja di tempat orang. Kemudian dapat pesanan boneka maskot dari KPU Jakarta senilai Rp 83 juta," ujarnya.

Produk boneka 'RoesOne' milik Suyud memang memiliki kualitas terjamin. Tak heran, pada momen Piala Dunia 2014 lalu, Suyud mengaku kebanjiran order aneka souvenir dari berbagai instansi swwasta maupun negeri. "Waktu itu, pesanan yang datang mendekati angka Rp 200 juta," tambahnya.

Sementara di hari hari biasa, rumah produksi boneka Suyud bisa menghasilkan 800-3000 pieces dengan keuntungan 15-20 juta dalam sebulan.