Brilio.net - Jurusan Kedokteran, Komunikasi, Akuntansi, Hukum pastinya sudah nggak asing lagi terdengar di telingamu. Jurusan yang memang terkenal dengan prospek ke depan yang cerah tersebut memang tidak pernah sepi peminat. Semua itu karena belajar di bangku perguruan tinggi sangat berbeda dengan masa-masa sekolah. Jurusanmu di perkuliahan bisa menentukan masa depanmu.

Walau begitu, jurusan populer tersebut tidak membuat Rio Prabu Laksono (22) tergiur. Pasalnya sejak SMA dia sudah bercita-cita untuk kuliah di salah satu jurusan yang terbilang unik, yaitu Jurusan Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan. Pertama kali kamu mendengar jurusan tersebut kamu pasti akan mikir "aneh banget sih jurusannya".

Tidak peduli dengan cemoohan orang, Rio mantap kuliah di jurusan ini. Pada tahun 2011 dia dinyatakan diterima di Jurusan Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian UGM. Pemilihan jurusan unik ini juga bukan tanpa alasan. Pemuda asli Berbah, Sleman, Yogyakarta ini memiliki alasan kuat.

"Bapak petani, dulu lahan pertanian bapak sering diserang hama. Akibatnya bapak rugi, hasil panen nggak maksimal, bahkan sering gagal panen. Kalau sudah begitu kasihan bapak bisa stres," ujarnya kepada brilio.net, Sabtu (12/9).

Loading...

Pemuda yang sedang menempu skripsi ini juga bercerita sering mendapat ejekan dari kawan-kawan dan para tetangganya. "Kuliah tinggi-tinggi kok akhirnya jadi petani lagi, mbok sudah nggak usah kuliah sekalian," kata Rio menirukan ucapan tetangganya.

Menurutnya banyak yang belum tahu bahwa jurusannya ini memiliki prospek yang cerah di dunia kerja. Banyak juga dari mereka yang tidak tahu bahwa walau terdengar aneh, jurusan ini memiliki peranan yang sangat penting untuk Indonesia yang agraris.

"Lulusan dari jurusan saya bisa bekerja di lembaga-lembaga pemerintah seperti Departemen Pertanian, Kementrian Ristek, LIPI, Bappeda, Badan Karantina Nasional. Kalau berhasil di sini bisa memecahkan masalah pertanian Indonesia kan hebat. Setidaknya kita nggak usah impor beras lagi," katanya sambil terkekeh.

Menurut Rio jurusan tidak bisa menentukan kesuksesan di masa depan. Semuanya tergantung masing-masing pribadi. Kalau jurusannya populer tapi kamu tidak serius kuliah ya sama saja. Apapun jurusanmu, yang penting kamu tekuni dengan serius, masa depan cerah akan menantimu!