Brilio.net - Setiap negara tentunya memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Salah satunya dalam hal jenis makanan. Oleh karena itu tak jarang banyak bule yang merasa kaget dan harus adaptasi saat mencoba makanan Indonesia yang dirasa sangat aneh di lidahnya.

Hal itu juga terjadi pada bule satu ini. Beberapa waktu lalu salah seorang netizen di situs Reddit menceritakan pengalaman temannya yang baru saja liburan di Indonesia. Tidak diketahui dengan pasti berasal darimana bule tersebut. Namun yang jelas dia merasa ketakutan saat melihat pemandangan nenek-nenek yang berjalan di sebuah daerah di Sumatera.

Menurut si bule, nenek ini terlihat menakutkan karena di mulutnya mengalir cairan merah yang dikiranya darah. Nenek tersebut juga menggenggam sesuatu di tangannya yang menurut prediksi si bule adalah daging mentah. Bule tersebut mengira nenek itu seperti zombie yang siap memakan daging manusia seperti yang ada di film-film.

Bule ini takut lihat nenek di Indonesia mengunyah sirih, kenapa ya?

Namun setelah dilihat lebih dekat, ternyata nenek tersebut sedang mengunyah daun sirih dan pinang. Hal itu juga semakin dikuatkan dengan komentar-komentar netizen di Reddit. Memang di Indonesia sendiri makan buah pinang yang dicampur dengan kapur dan tembakau lalu dibungkus dengan daun sirih sudah menjadi suatu kebiasaan tersendiri sejak nenek moyang.

Loading...

Efek yang ditimbulkan dari mengunyah sirih adalah warna bibir yang menjadi merah dan keluarnya cairan buah pinang yang semerah darah. Biasanya mereka mengunyah sirih untuk acara kegiatan ritual. Tak hanya itu saja nenek-nenek juga meyakini pinang dan sirih bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang, skizofrenia dan anemia.