Brilio.net - Lembar Kerja Siswa (LKS) menjadi salah satu buku yang paling laris di Indonesia, bagaimana tidak buku ini diwajibkan untuk dimiliki setiap siswa. Namun apa jadinya jika buku yang dijadikan pedoman materi anak Sekloah Dasar ini, ternyata menyampaikan materi yang tidak masuk akal. Bahkan banyak orang menduga materi dalam LKS ini sering plagiat dari tulisan-tulisan di Internet, duh.

Tak hanya itu, banyak materi yang sebenarnya tidak pantas untuk anak SD bahkan melenceng dari pokok pembahasan. Seorang netter, Yusuf Djunaedi dalam sebuah group media sosial mengunggah sebuah foto yang menunjukkan materi yang diajarkan pada anaknya, yang masih duduk di bangku kelas 4 SD, melenceng dari pokok pembahasan.

Dalam sebuah pembahasan bertema Pahlawan Tanpa Tanda jasa, di buku LKS tersebut, tertulis kata-kata yang dianggap tak masuk akal. LKS itu mencontohkan seorang pahlawan dengan tokoh sinetron TV Saras 008, dengan embel-embel Saras adalah pahlawan dari Indonesia selingkuhannya Spiderman.

"Buku pelajaran anakku SD kok isinya gini ya?? Gak masuk akal banget dan kentara cuman pengen duit aja nie. Ini ada di buku LKS Tematik SD," kata Yusuf sembari mengunggah foto LKS dengan materi nyeleneh tersebut seperti dikutip brilio.net, Kamis (19/11).

Lihat saja gambar LKS tersebut di bawah ini:

Buku LKS SD ini ajarkan perselingkuhan Saras 008 & Spiderman, parah!

Tentu saja gambar tersebut menyulut reaksi dari netizen. Mereka menuding semua materi LKS itu diambil di internet.

"Hahaha, itu copy paste dari internet. Coba kalian para orang tua browsing semua materi di LKS saya jamin 80% dari internet," kata akun Harwanto Dwi mengomentari.

"Terlepas dari internet, cermati buku yang dibeli anak karena kita yang tahu sedang anak takut dan patuh pada guru. Kasus LKS ini sudah beberapa kali masuk TV karena gak sesuai dengan umur anak SD. Kali ini lagi, anak SD dipaparin perselingkuhan dengan jelas," imbuh akun Rozi Hidayat.