NASA, agen luar angkasa Amerika Serikat merilis pengumumannya pada Rabu (4/11), akan menerima lamaran untuk calon astronot. Periode penerimaan lamaran dibuka mulai 14 Desember 2015 hingga Februari 2016. Calon terpilih diumumkan pertengahan 2017.

Dikutip dari nasa.gov, kandidat terpilih tersebut akan mendapat kesempatan untuk diterbangkan ke stasiun luar angkasa ISS bahkan ke Mars. Sebelumnya mereka juga menjalani pelatihan yang akan berlangsung selama dua tahun. Namun, sayangnya lowongan itu masih dikhususkan bagi warga Amerika Serikat.

"Ini adalah waktu yang menyenangkan untuk menjadi bagian dari program penerbangan manusia Amerika," kata Brian Kelly, direktur Operasi Penerbangan di NASA Johnson Space Center di Houston.

Lanjut dia, calon astronot juga harus memiliki gelar sarjana dari lembaga yang terakreditasi di bidang teknik, ilmu biologi, ilmu fisika atau matematika. Mereka memiliki setidaknya pengalaman tiga tahun terkait bidangnya tersebut. Enak ya bisa jalan-jalan ke luar angkasa?

Pengen tahu lebih lanjut informasi tentang karier sebagai astronot NASA, kunjungi:

http://www.nasa.gov/astronauts