Brilio.net - Malam itu suasana tempat kursus bahasa Inggris termurah Rp 5000/100 menit tampak ramai. Tempat kursus yang terletak di Jalan Pattimura No.7 Kotabaru ini diprakarsai oleh Yono Malakiano (38), dengan nama Englishopedia.

Karena biayanya yang murah pesertanya mencapai 200-an orang yang sudah mendaftar. Menurut Yono saat ini peminatnya lumayan banyak hingga dibagi dalam dua sesi.

Nama Englishopedia muncul sekitar dua tahun lalu, akan tetapi pembelajaran bahasa Inggris yang awalnya gratis ini sudah ada sejak 2001. Saat itu Yono menjabat sebagai ketua speaking club UGM. Tempat kursus saat ini yang dulunya garasi sepeda motor adalah tempat kos Yono yang sering dibuat kumpul untuk belajar Inggris bersama teman-temannya.

"Buat kelas ini awalnya iuran, yang mau ikut tidak dipungut biaya alias gratis. Sekarang bayar Rp 5000/100 menit itu keuntungannya sebagian buat dua anak asuh yang sudah mau lulus SMP dan SMA dan sebagian buat menambah alat bantu dalam pembelajaran," kata Yono kepada brilio.net, Minggu (7/6).

Selain mengajar bahasa Inggris di berbagai kampus di Jogja, Yono juga merupakan salah satu Master of Ceremony (MC) event internasional. Masa lalunya yang sangat miskin memacu ia untuk hidup lebih baik. Pria asal Ciamis ini begitu prihatin jika melihat orang yang miskin ilmu, karena menurutnya hal itu seolah-olah tidak memiliki harapan.

Loading...