Brilio.net - Kemampuan Fathur Rochman (22), pemuda asal Madiun untuk mengukir buah memang tak usah diragukan lagi. Di tangannya, sebuah wortel bisa menjadi bunga hanya dalam waktu 5 menit.

Fathur merupakan salah satu pemuda yang mempunyai keterampilan fruit carving. Tak banyak yang mempunyai kemampuan itu di daerahnya.

"Saya belajar fruit carving mulai 2012 dari video Youtube dan mulai menerima pesanan 2013," kata Fathur kepada brilio.net, Kamis (4/6).

Sebenarnya ia tak ada niatan untuk menjadikan fruit carving sebagai usahanya. Tapi foto-foto yang ia unggah di Facebook membuat temannya tertarik untuk memesan sebagai hiasan pernikahan.

"Dari situ saya akhirnya mulai dikenal. Kadang pesanan tak hanya datang dari Madiun, tapi juga dari kota tetangga," terang pemuda kelahiran 2 Agustus 1992.

Loading...

Selain memberikan les pada ibu-ibu PKK, ia juga pernah diminta untuk memberikan les pada siswa Pramuka MAN 2 Ponorogo. Saat itu MAN 2 Ponorogo akan mengikuti kompetisi Pramuka antar sekolah se Jawa-Bali yang diadakan di Malang. Salah satu ajang yang dilombakan adalah fruit carving.

"Tak disangka, salah satu tim didikan saya meraih juara 1 mengalahkan sekitar 200 tim lainnya," terang Fathur.

Karena sekarang setiap paginya ia menjalankan tugas sebagai staf TU di salah satu sekolah di Madiun, ia biasa mengerjakan orderan pada sore hari atau malam hari.